Pengaruh Komunikasi Efektif Guru Terhadap Ketertiban Keberlangsungan Kegiatan-Kegiatan Belajar Di SMA Muhammadiyah 3 Penanggungan

Authors

  • Suryati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ahmad Harun Yahya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Betran Antoli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2537

Keywords:

Komunikasi Efektif, Guru, Ketertiban Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi efektif guru terhadap ketertiban keberlangsungan kegiatan belajar di SMA Muhammadiyah 3 Penanggungan. Komunikasi efektif antara guru dan siswa sangat berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 3 Penanggungan, dengan sampel sebanyak 42 responden yang dipilih melalui teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil Uji validitas dan reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa komunikasi efektif guru berpengaruh signifikan terhadap ketertiban dalam keberlangsungan kegiatan belajar, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat komunikasi efektif guru, semakin tinggi pula tingkat ketertiban siswa dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi guru menjadi aspek krusial yang perlu ditingkatkan, baik melalui pelatihan maupun dukungan infrastruktur pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman pentingnya peran guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai komunikator yang mampu menciptakan hubungan harmonis dan mendukung proses belajar-mengajar yang efektif

References

Andini, Amelia, Sahrun Nisa, dan Ari Suriani. “Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Sekolah Dasar.” Tsaqofah 4, no. 4 (2024): 3091–99.

Bariroh, Siti. “Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Kekuatan Hukum Lembaga Jaminan Fidusia Sebagai Hak Kebendaan 21, no. 2 (2020): 33–51.

Dzihab, Muh, Andika Trias, Cahyati Dini, dan Ninda Ajeng. “Analisis Keterkaitan Kemampuan Berfikir Terhadap Kemandirian Belajar Dalam Mendukung Keberhasilan Proses Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI.” JIT: Jurnal Ilmu Tarbiyah 1, no. 1 (2023): 49–57.

Fahrezi, Rian Muhamad. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Inklusi.” Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia 01, no. 1 (2024): 1–7.

Faisal1. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Pendidik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Literasi Digital Peserta Didik (Studi di MTs Pembangunan UIN Jakarta).” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 14, no. 2 (2024): 179–210.

Geography, Economic. FUTURES THEORIES 21 PARADIGMS IN FUTURES FIELD Economic Geography and Futures Studies Department, 2015.

Guba EG, dan Lincoln YS. “Competing paradigms in qualitative research.” Handbook of qualitative research, 1994, 163–94.

Habsy, Bakhrudin All, Anggun April, Seli Ivonesa, Ilmi Fitri Islami, Alamat Jl, Lidah Wetan, Lidah Wetan, Kec Lakarsantri, dan Jawa Timur. “Konsep Guru Sebagai Profesi” 2, no. 6 (2024).

Hang, Y. (2024). Assessing English teaching linguistic and artificial intelligence for efficient learning using analytical hierarchy process and Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution. Journal of Software: Evolution and Process, 36(2), ISSN 2047-7481, https://doi.org/10.1002/smr.2462

Hidayat, Asep Saepul, Ganjar Saiful Mutaqin, dan Meti Hermawati. “Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penggunaan Media Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Proses Pembelajaran.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4, no. 01 (2024): 51–65.

Hidayat, Malik, Wiwik Pratiwi, dan Tikkos Sitanggang. “Komunikasi dalam Organisasi.” KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat 4, no. 3 (2023): 113–16.

Karasova, Jirina, dan Jan Nehyba. “Student-centered teacher responses to student behavior in the classroom: A systematic review.” Frontiers in Education 8, no. April (2023).

Li, P. (2022). Research Into improved Distance Learning Using VR Technology. Frontiers in Education, 7, ISSN 2504-284X, https://doi.org/10.3389/feduc.2022.757874

Malik, Abdul. “Hambatan Komunikasi dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19.” LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 9, no. 2 (2021): 78–84.

Maulia, Safira, dan Heru Purnomo. “Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD).” Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin 5, no. 1 (2023): 25–39.

Mayasari, Indah, Dini Shaleha, Afwan Syahril Manurung, Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam, dan Negeri Sumatera Utara. “Peran Komunikasi Interpersonal dalam Menciptakan Keharmonisan Antar Guru dalam Lingkungan Kerja.” ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan 3 (2025).

Molina, Soto, dan Jairo Eduardo. “Paradigms and Different Types of Research.” International Journal of Social Science and Human Research 6, no. 12 (2023).

Nada, Anisa Qutrun, Serlina Anggi Vionetta, Muhammad Nofan, Universitas Islam, dan Nahdlatul Ulama. “Pola Komunikasi Siswa dengan Guru dalam Menciptakan Suasana Belajar Akademik yang Kondusif,” 2025, 282–91.

Nia Ardianingsih, Kun Nurachadijat, Yurna Yurna, Aeni Latifah, Siti Qomariah, Dadang Sahroni, Mulyawan Safwandy N, dan Sri Widaningsih. “Peran Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Profil Pelajar Pancasila di SMP Karang Arum Kecamatan Cilengkarang Kabupaten Bandung.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 3, no. 3 SE-Articles (2023): 94–109.

Noriyana, Dita Kharisma, Jl Trunojoyo, dan Gedungan Sumenep. “ANALISIS TANTANGAN DAN STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM MENGHADAPI PESERTA DIDIK TINGKAT SD Mafruhah STKIP PGRI SUMENEP.” Jurnal Ilmiah Research Student 2, no. 1 (2024): 794–801.

Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL, 2008.

Qoid, Muhammad, dan Muhammad Munif. “Membangun Komunikasi Efektif Guru Dan Siswa Di Madrasah Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 2, no. 1 (2020): 96–113.

Rama, Bahaking. “Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 10, no. 1 (2007): 15–33.

Restiawati, Defi, dan Yukhsan Wakhyudi. “Peran Komunikasi Guru dengan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Semesta Bumiayu.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 3, no. 1 (2023): 74–88.

Ritzer, George. Ecological Theory. Encyclopedia of Social Theory, 2012.

Riza Gusti Rahayu. “Strategi Komunikasi Persuasif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 3 (2024).

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Suryati, Ahmad Harun Yahya, & Betran Antoli. (2025). Pengaruh Komunikasi Efektif Guru Terhadap Ketertiban Keberlangsungan Kegiatan-Kegiatan Belajar Di SMA Muhammadiyah 3 Penanggungan. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 8. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2537

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.