Perilaku Membolos Siswa di SMA Negeri 1 Dayun Kabupaten Siak
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2344Keywords:
Membolos, Kedisiplinan Siswa, Faktor Internal, Faktor EksternalAbstract
Perilaku membolos di kalangan siswa dapat menjadi menjadi salah satu bentuk ketidakdisiplinan yang dapat berdampak negatif terhadap proses belajar dan prestasi belajar. Pertimbangan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku membolos terhadap siswa di SMA Negeri 1 Dayun Kabupaten Siak. Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi deskriptif subjektif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui kuisioner, observasi, dan dokumentasi dari pihak sekolah dan siswa yang terlibat dalam perilaku membolos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua faktor utama yang mempengaruhi siswa membolos, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi yang lebih besar untuk menghafal, kurangnya minat terhadap mata pelajaran tertentu, dan perasaan malas atau tidak memiliki dorongan belajar yang kuat. Sementara itu, faktor eksternal meliputi pengaruh teman sebaya, kurangnya pengawasan dari orang tua, lingkungan sekolah yang kurang kondusif, serta akses terhadap teknologi dan media sosial yang sering digunakan untuk kegiatan di luar sekolah. Berdasarkan temuan tersebut, diperlukan upaya-upaya penting untuk mengatasi perilaku membolos di kalangan siswa. Sekolah dapat menerapkan pendekatan disiplin yang lebih ketat dan membuat metode pembelajaran yang lebih menarik dan intuitif. Orang tua diharapkan lebih aktif dalam mengawasi dan mengarahkan anak-anaknya, sedangkan siswa perlu mewaspadai dampak negatif dari perilaku membolos. Dengan pendekatan yang menyeluruh, diharapkan angka membolos dapat ditekan seminimal mungkin sehingga mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Dayun dapat terus maju.
References
Al-Fayumi, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 45-58. https://doi.org/10.14421/jpk.v3i1.175
Andriani, D., & Haryanto, A. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembangunan Sosial dan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Pembangunan Sosial, 5(2), 99-107. https://doi.org/10.1080/jps.2023.34567
Anwar, R., & Nugraheni, S. (2021). Pendidikan Berbasis Inklusi: Sebuah Pendekatan dalam Mengatasi Ketidaksetaraan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Inklusif, 10(3), 110-120. https://doi.org/10.5281/zenodo.4701234
Firdaus, M. (2020). Tantangan Pendidikan di Era Digital: Inovasi dalam Pembelajaran dan Manajemen Sekolah. Jurnal Pendidikan Era Digital, 12(1), 75-85. https://doi.org/10.13085/jped.2020.12.1.75
Hasanah, U., & Ismail, R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(4), 200-211. https://doi.org/10.1234/jmp.2022.9.4.200
Hidayati, N. (2024). Pendidikan Sosial dan Karakter: Kunci Pembangunan Moral Generasi Muda. Jurnal Pembangunan Karakter, 15(2), 145-159. https://doi.org/10.1080/jpc.2024.1502
Hidir, Achmad, & Rahman Malik. (2024). Teori Sosiologi Modern. Tri Edukasi Ilmiah, Bukittinggi.
Indriani, W., & Suparman, A. (2023). Metodologi Pembelajaran yang Efektif dalam Pendidikan Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Menengah, 13(2), 92-106. https://doi.org/10.26877/jpm.2023.13.2.92
Kurniawan, A., & Setiawan, B. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(3), 134-142. https://doi.org/10.1689/jpp.2022.7.3.134
Lestari, D. A. I. (2022). The Right to Education as a Basic Right in the Context of Law and Pancasila. Indonesian Journal of Pancasila and Global Constitutionalism, 1(2), 285–306. https://doi.org/10.15294/ijpgc.v1i2.59809
Mabuka, O. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 367. https://doi.org/10.5281/zenodo.4724351
Nurjanah, L. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif untuk Menunjang Pendidikan Berkualitas di Sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(4), 222-233. https://doi.org/10.3145/jip.2021.6.4.222
Oktavianatun, A., & Nugraheni, N. (2024). Analisis Perkembangan Pendidikan Berkualitas Sebagai Upaya Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 113–118.
Putra, A. (2019). Metode Konseling Individu Dalam Mengatasi Bolos Sekolah. Jurnal Konseling Pendidikan, 16(2), 112–126.
Purnomo, H. D., & Subagio, M. (2020). Manajemen Pendidikan yang Berorientasi pada Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 75-90. https://doi.org/10.4228/jmp.2020.8.2.75
Sari, D. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 14(1), 50-63. https://doi.org/10.1007/jps.2023.14.1.50
Saputri, D. I. (2022). Pentingnya Peran Guru Profesional dalam Meningkatkan Pendidikan. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM, 1–12.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Suprihatin, A. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jenangan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Retrieved from: http://etheses.iainponorogo.ac.id/25076/
Sultajariani. (2024). Manajemen Guru Bimbingan Konseling Dalam Pengetasan Perilaku Membolos Peserta Didik di SMK Negeri 3 Enrekang. Institut Agama Islam Negeri Pare-Pare, 15(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Cahaya Agustina, T. Romi Marnelly

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.