Keterlekatan Sosial dalam Peningkatan Ekonomi: Pengaruh Relasi Sosial terhadap Akses Informasi Lowongan Kerja dan Keputusan Bekerja Karyawan Cafe di Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2633Keywords:
Keterlekatan, Hubungan Kerja, Relasi Sosial, Peningkatan EkonomiAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa tentang bagaimana pola keterlekatan jaringan sosial berpengaruh pada akses informasi lowongan kerja serta keputusan bekerja karyawan pada salah satu Cafe yang ada di Kabupaten Jember. Jaringan sosial menjadi salah satu aset yang penting untuk mencapai perekonomian yang keberlanjutan. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk membantu peneliti dalam melakukan penggalian data serta mengkaji bagaimana jaringan sosial dapat membantu karyawan dalam mendapatkan pekerjaan. Peneliti juga melakukan reduksi data untuk memilah data primer yang terkumpul. Hasil dari penelitian memberikan jawaban bahwa adanya keterlekatan jaringan sosial memberikan dampak yang signifikan dalam praktek ekonomi bagi kedua pihak. Melalui modal sosial dan komunikasi, karyawan dapat mengakses informasi kerja, serta pemilik Cafe bisa mendapatkan kepercayaan dan ikatan loyalitas untuk bekerjasama dalam menjaga keseimbangan ekonomi serta hubungan kerja. Dapat disimpulkan bahwa dalam menjaga hubungan kerja utamanya antara pemilik Cafe dengan karyawan sangat dibutuhkan adanya komunikasi aktif, aspek kepercayaan, hingga loyalitas untuk tumbuh bersama. Namun, disisi lain jika konteks keterlekatan sosial yang dimiliki terlalu kuat, maka dapat menimbulkan dampak yang berlebihan atau over embeddednes yang berdampak pada pembatasan peluang kerja yang lebih baik di luar jaringan yang dimiliki sekarang. Dengan begitu, diperlukan keterlekatan jaringan sosial yang seimbang untuk keberlangsungan hubungan ekonomi dan kerja yang adil.
References
Aditya, R., & Liana, S. (2021). Analisis penggunaan Instagram terhadap peningkatan keputusan pembelian jasa. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 5(1), 32–40.
Afandi, M. F., Komariyah, S., Aprillianto, B., & Rosa, D. V. (2021). Social Relations Between Markets and Farmers: A Sustainable Development Model for Coffee. Atlantis Press, 194, 180-185.
Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., & Rana, N. P. (2021). Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature. Telematics and Informatics, 58, 101520. https://doi.org/10.1016/j.tele.2020.101520
Apriyani, N., & Suwarsi, S. (2021). Pengaruh promosi digital melalui media sosial terhadap keputusan pembelian jasa cuci sepatu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 3(1), 55–63.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital Marketing (8th ed.). Pearson Education.
Cresswell (2020). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Granovetter, M. (1985). Economic Action and Social Structure: The Problem of Embeddedness. AJS: American Journal of Sociology, Vol. 91, No. 3, pp. 481-510. https://faculty.washington.edu/matsueda/courses/590/Readings/Granovetter%20Embeddedness%20AJS.pdf
Gunawan, S., & Maheswari, D. (2022). Digital branding melalui Instagram: Studi pada konsumen milenial. Jurnal Komunikasi dan Bisnis Digital, 5(1), 73–85.
Hafidz, M., Zulfan, & Nurdin, I. P. (2024). Keterlekatan Struktural dalam Kewirausahaan Sosial di BUMG Tanjong Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Entitas Sosiologi, 13(1), 21-38.
Hashim, K. F., & Ting, H. (2022). Exploring the role of Instagram in customer engagement: A brand communication perspective. Journal of Interactive Marketing, 58, 21–36.
Herlambang, A., & Putri, F. R. (2022). Instagram sebagai alat promosi layanan jasa: Studi pada layanan cleaning service sepatu. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 5(2), 60–72.
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JCSI/article/view/33804
https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/jispendiora/article/view/2187
https://www.atlantis-press.com/proceedings/icombest-21/125964951
Ismail, A. R. (2020). The influence of perceived social media marketing activities on brand loyalty. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(1), 1–17.
Kartikasari, A., & Pratiwi, D. (2024). Peran strategi konten Instagram dalam meningkatkan brand awareness layanan jasa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 45–55.
Kusuma, A., & Permana, R. (2023). Evaluasi efektivitas kampanye promosi melalui Instagram Stories pada usaha kecil. Jurnal Inovasi Ekonomi Digital, 4(3), 117–129.
Mardila, P., Nusuary, F. M., & Ikramatoun, S. (2023, Mei). KETERLEKATAN SOSIAL PT. SOCFINDO DENGAN MASYARAKAT DESA SIMPANG DELI KILANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 8(2).
Mitchell, T.R., Holtom, B.C., Lee, T.W., et al. (2001). Why People Stay: Using Job Embeddedness to Predict Voluntary Turnover. AMJ: Academy of Management Journal, 44, 1102-1121.
Nugroho, A., & Sari, M. (2023). Pengaruh kualitas layanan dan media sosial terhadap loyalitas pelanggan Shoes Care. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(2), 98–107.
Nurhadi, D., & Lestari, S. (2024). Dampak media sosial terhadap loyalitas pelanggan di sektor jasa informal. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 29–40.
Phua, J., Jin, S. V., & Kim, J. J. (2021). The roles of celebrity endorsers and consumers’ online engagement on Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 58, 102276.
Rahmadani, R. S., & Resdati, R. (2025). Pengaruh Jaringan Sosial Terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Konveksi di Pasar Simpang Aur Kota Bukittinggi. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, 4(1),401-425.
Rosa, D. V. (2022). Sustaining Global Development: Critique from Local Experience in Questioning Sustainability Discourse. Journal of Contemporary Sociological Issues, 2(2), i-iv.
Sambharakreshna, Y., Kusumawati, F., & Wulandari, A. (2024). Dampak Pengelolaan Keuangan dengan Pendekatan Kebebasan Finansial, Teknologi Keuangan, Dan Modal Sosial Terhadap Pendapatan Usaha. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 5(02), 175-192.
Setiawan, H., & Wibowo, R. (2023). Analisis efektivitas strategi digital marketing pada UMKM sektor jasa. Jurnal Bisnis dan Inovasi, 8(2), 112–125.
Sholihah , I. M., Mulyono, J., & Paramitha, N. A. (2023). Petani Rasional: Gambaran Petani Benculuk Pasca Masuknya Mesin Combine Harvester. Jurnal Sosiologi Pertanian dan Agribisnis, 6(1), 49-60. https://www.jurnal.ugp.ac.id/index.php/JuSPA/article/view/565
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran (edisi revisi). Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fiky Binti Zakiyah, Hana Vernanda, Elanda Cika Alodya Nathania, Fery Febriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.