Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Daya Saing di Kedai Cak Teot Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.53697/emak.v6i1.2191Keywords:
Produk, Harga, Tempat, Manusia, Proses, Promosi, Bukti Fisik, Loyalitas PelangganAbstract
Era bisnis yang semakin kompetitif, loyalitas pelanggan sangat penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan pendapatan jangka panjang dan keberlanjutan bisnis. Kedai Cak Teot Situbondo mengalami penurunan penjualan per-bulan Mei–Agustus. Dari data yang diperoleh penjualan pada bulan April sebesar 23%, pada bulan Mei sebesar 19%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Cak Teot. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner berskala Likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah saturated sampling, sehingga jumlah sampel terdiri dari 50 responden. Metode analisis yang diterapkan mencakup serangkaian analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, tempat, manusia, proses, promosi dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Cak Teot Situbondo. Sedangkan variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Cak Teot Situbondo. Variabel produk, harga, tempat, manusia, proses, promosi, dan bukti fisik secara keseluruhan berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan sebesar 94,1%. Sementara itu, sisanya sebesar 5,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang berada di luar lingkup penelitian ini.
Downloads
References
Evitaria, N. P., Adinegar, G. N. J., & Susanto, P. C. (2022). Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Hotel Aloft Bali Seminyak. Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora, 1(2), 233–242.
Hamdali, R. N., & Melinda, T. (2021). Analisis Pengaruh Service Marketing Mix 7p Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Kozko Digital Printing Surabaya. Jurnal Media Mahardhika, 20(1), 37–49.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing. Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Loi, O., & Yudhira, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Konsumen PT. Exzer Amsal Mandiri. Journal Economic and Strategy, 3(2), 12–24.
Nugrahanto, A. S., Hatta, I. H., & Subhan, M. N. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen Pada Layanan Internet Kartu Prabayar Simpati Pada Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 1(2), 69–76.
Sari, A. F., Zelfino, E., Mustikawati, I. S., & Veronika, E. (2023). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P (Product, Price, Promotion, Place, Process, People dan Physical Evidence) dengan Loyalitas Pasien di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 5(1), 32–40.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Tjiptono, F. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Andi.
Uliyah, M., & Sulistyawati, L. (2022). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Aspek-Aspeknya: Studi pada Pelanggan GoFood di Gresik. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1229–1249.
Winata, T. P., Budiraharjo, K., & Nurfadillah, S. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Olahan Kopi Gincu di Kota Cirebon. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 1056–1069.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Sulton Mulya Rescahyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.