Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Daya Saing di Kedai Cak Teot Situbondo

Authors

  • Tri Sulton Mulya Rescahyana Universitas Muhammadiyah Jember
  • Haris Hermawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaidah Nursaidah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.53697/emak.v6i1.2191

Keywords:

Produk, Harga, Tempat, Manusia, Proses, Promosi, Bukti Fisik, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Era bisnis yang semakin kompetitif, loyalitas pelanggan sangat penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan pendapatan jangka panjang dan keberlanjutan bisnis. Kedai Cak Teot Situbondo mengalami penurunan penjualan per-bulan Mei–Agustus. Dari data yang diperoleh penjualan pada bulan April sebesar 23%, pada bulan Mei sebesar 19%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Cak Teot. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner berskala Likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah saturated sampling, sehingga jumlah sampel terdiri dari 50 responden. Metode analisis yang diterapkan mencakup serangkaian analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, tempat, manusia, proses, promosi dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Cak Teot Situbondo. Sedangkan variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Cak Teot Situbondo. Variabel produk, harga, tempat, manusia, proses, promosi, dan bukti fisik secara keseluruhan berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan sebesar 94,1%. Sementara itu, sisanya sebesar 5,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang berada di luar lingkup penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evitaria, N. P., Adinegar, G. N. J., & Susanto, P. C. (2022). Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Hotel Aloft Bali Seminyak. Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora, 1(2), 233–242.

Hamdali, R. N., & Melinda, T. (2021). Analisis Pengaruh Service Marketing Mix 7p Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Kozko Digital Printing Surabaya. Jurnal Media Mahardhika, 20(1), 37–49.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing. Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Loi, O., & Yudhira, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Konsumen PT. Exzer Amsal Mandiri. Journal Economic and Strategy, 3(2), 12–24.

Nugrahanto, A. S., Hatta, I. H., & Subhan, M. N. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen Pada Layanan Internet Kartu Prabayar Simpati Pada Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 1(2), 69–76.

Sari, A. F., Zelfino, E., Mustikawati, I. S., & Veronika, E. (2023). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P (Product, Price, Promotion, Place, Process, People dan Physical Evidence) dengan Loyalitas Pasien di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 5(1), 32–40.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Tjiptono, F. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Andi.

Uliyah, M., & Sulistyawati, L. (2022). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Aspek-Aspeknya: Studi pada Pelanggan GoFood di Gresik. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1229–1249.

Winata, T. P., Budiraharjo, K., & Nurfadillah, S. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Olahan Kopi Gincu di Kota Cirebon. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 1056–1069.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Mulya Rescahyana, T. S., Hermawan, H., & Nursaidah, N. (2025). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Daya Saing di Kedai Cak Teot Situbondo . Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 15. https://doi.org/10.53697/emak.v6i1.2191

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.