Pengaruh Influencer Marketing, Content Marketing, dan Viral Mareting Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Finally Found You Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Shop di Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.53697/jim.v5i2.2724Keywords:
Influencer Marketing, Content Marketing, Viral Marketing, Keputusan PembelianAbstract
Pengujian dilaksanakan dalam penelitian ini untuk mengkaji adakah keputusan pembelian mempengaruhi influencer marketing, content marketing, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian. Pengujian Kuantitatif diterapkan pada penelitian dengan 100 responden diambil dari populasi generasi Z di Kota Purworejo yang mengenakan produk Finally Found You setidaknya sekali. Teknik yang digunakan non probability sampling lebih spesifiknya purposive sampling karena dengan kriteria tertentu. Pengujian menggunakan data primer berdasarkan kuesioner yang dibagikan melalui google form yang dikirim personal chat, komunitas online, shere postingan. Untuk menguji data yang terkumpul uji yang digunakan uji t, uji f sebagai uji hipotesis, analisis regresi linear berganda dilakukan untuk menguji secara kausal variabel independen dengan variabel dependen, validitas dan realibilitas digunakan sebagai uji instrumen kualitas dan konsistensi data, koefisien determinasi sebagai uji untuk mengetahui besar pengaruh variasi dalam keputusan pembelian bisa dijelaskan pada model yang dihipotesiskan. Keseluruhan olah data ini diolah dengan bantuan spss versi 30 adalah alat perangkat lunak yang sering dimanfaatkan sebagai alat hitung di penelitian ilmiah. Hasil temuan influencer marketing positif signifikan dan content marketing positif signifikan kepada keputusan pembelian dari kajian tersebut sebaiknya perusahaan lebih fokus untuk menggunakan banyak influencer dan memperbanyak produksi konten sebagai strategi pemasaran, sedangkan viral marketing tidak signifian kepada keputusan pembelian indikasi ini berarti walaupun produk Finally Found You sedang banyak dibicarakan namun tidak semua orang beranggapan prosuk viral adalah yang terbaik. Hasil uji f influencer marketing, content marketing, dan viral marketing seluruhnya positif signifikan. indikasikan bahwa ketiga strategi tersebut jika diterapkan bersama-sama akan berdampak kuat untuk mendorong keputusan pembelian Finally Found You pada generasi z di Purworejo
References
A. Zuliansyah, Nurhayati Nurhayati, & Ade Khairun Nisa. (2025). Pengaruh Content Sharing, Viral Marketing dan Epistemic Value Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine pada Aplikasi Tiktok Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam: Studi pada Mahasiswa Dikota Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 4(1), 43–60. https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i1.4711
Abdjul, F., Massie, J. D. D., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Content Marketing, Search Engine Optimization dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa FEB UNSRAT di E-Commerce Sociolla. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 225. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41752
Aini, N. Q., & Zagladi, A. N. (2025). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital: Efek Influencer Marketing dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Studi Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 4(2), 265–274. https://doi.org/10.35912/sakman.v4i2.3799
Amelia, M., Hadita, H., & Winarso, W. (2025). Pengaruh Influencer Marketing dan Online Customer Review melalui Social Media terhadap Keputusan Pembelian Produk Focallure pada Generasi Z. SINERGI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 1189–1203. https://doi.org/10.62335/sinergi.v2i3.1000
Andora, M., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Pelanggan pada Platform Shopee. Jurnal Manajerial, 20(2), 208–216. https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i2.29138
Anggreani, A., Puspita, V., & Markoni, M. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WoM) pada Media Sosial TikTok Shop terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Generasi Z Kota Bengkulu. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(3), 725–733. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i3.1368
Diamanda, A., & Rachmad, F. (2024). The Influence of Content Marketing and Viral Marketing on Purchase Decisions at Norma Coffee on the Millennial Generation in Pekanbaru. https://doi.org/10.5281/ZENODO.14766046
Fadilah, A. N., & Jaya, R. C. (2024). Pengaruh Influencer Marketing, Perceived Quality, dan Bundling Product terhadap Keputusan Pembelian Produk Daviena Skincare di TikTokshop (Studi pada pengguna TikTok). eCo-Buss, 7(2), 1240–1250. https://doi.org/10.32877/eb.v7i2.1820
Fathurrahman, M. M., Triwardhani, D., & Argo, J. G. (2021). Pengaruh Influencer Marketing dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet by Najla. Prosiding SENAPENMAS, 1209. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15157
Fita Nur Hanifah & Ravindra Safitra Hidayat. (2024). Pengaruh Content Marketing, Online Customer Review dan Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian: (Studi pada Konsumen TikTok Shop Mahasiswa Universitas Budi Luhur). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 1(5), 138–147. https://doi.org/10.69714/6cbehw20
Geofakta Razali, Masfiatun Nikmah, I Nyoman Tri Sutaguna, Pa. Andiena Nindya Putri, & Muhammad Yusuf. (2023). The Influence of Viral Marketing and Social Media Marketing on Instagram Adds Purchase Decisions. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 75–86. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i2.1096
GoodStats. (2023). Indonesia Peringkat 4, Ini Dia 7 Negara Pengguna Internet Terbesar di Dunia. GoodStats Data. https://data.goodstats.id/statistic/indonesia-peringkat-4-ini-dia-7-negara-pengguna-internet-terbesar-di-dunia-FLw6V
GoodStats. (2024a). Mayoritas Generasi Z Menghabiskan Waktu Luang dengan Media Sosial. GoodStats. https://goodstats.id/article/mayoritas-generasi-z-menghabiskan-waktu-luang-dengan-media-sosial-KT9NM
GoodStats. (2024b). Orang Indonesia Paling Sering Habiskan Waktu untuk Main Sosial Media. GoodStats. https://goodstats.id/article/orang-indonesia-paling-sering-habiskan-waktu-untuk-main-sosial-media-nETfh
Katiandagho, N. J. & Syarif Hidayatullah. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Pengguna TikTok Shop. Sains Manajemen, 9(1), 13–27. https://doi.org/10.30656/sm.v9i1.5886
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management (Sixteenth edition, global edition). Pearson.
Lalensang, C., Ogi, I. W. J., & Tampenawas, J. L. A. (2024). Pengaruh Review Produk dan Penggunaan Konten Marketing di Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk di Toko Online Shopee pada Pemuda GMIM Wilayah Mandolang Satu, 12(4).
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Elzatta Hijab Garut), 18(1).
Madjid, C. N. F., & Hermawan, A. (t.t.). The Influence of Viral Marketing and Brand Image on Purchase Decisions through E-Trust (Study on Avoskin Skincare Customers).
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok di Wilayah DKI Jakarta. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok di Wilayah DKI Jakarta, 6(1).
Manik, T. S. B., Dhika, A. W., & Fitri, N. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Knowledge terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik MS Glow.
Munandar, D. (2021). The Role of Digital Marketing, Influencer Marketing and Electronic Word of Mouth (eWOM), on Online Purchase Decisions for Consumers of Private University Students in Bandung West Java. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.298
Nabila, J., & Azijah, N. (2024). Pengaruh Brand Image dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening: Studi pada Followers Akun TikTok @Skintific_id. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(3), 1594–1608. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i3.1070
Nadanyiova, M., & Sujanska, L. (2023). The Impact of Influencer Marketing on the Decision-Making Process of Generation Z. Economics and Culture, 20(1), 68–76. https://doi.org/10.2478/jec-2023-0006
Nadia Rahadewi Cahyaningtyas, & Kusdiyanto, K. (2025). Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing dan Online Customer Review di TikTok terhadap Keputusan Pembelian Brand Somethinc (Studi Kasus: Pada Generasi Z di Surakarta). Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 7(3). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v7i3.7518
Purwanto, K., Wiska, M., & Hardiyanti, T. (2023). Pengaruh Social Media Influencer, Viral Marketing, dan Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening melalui Aplikasi YouTube (Studi Kasus Mahasiswa Undhari 2019-2022). Menara Ilmu, 17(1). https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4732
Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian di Platform TikTok. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(2), 457. https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15304
Sabila, A. K., & Lazuardy, I. T. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Review, dan Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc pada Platform TikTok, 5.
Sari, P. S. P., & Darma, G. S. (2024). The Impact of Viral and Influencer Marketing on Skintific Purchase Decisions: Exploring the Mediating Role of FoMO. Tec Empresarial, 19(1).
Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (t.t.). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna Instagram dan TikTok di Kota Magelang).
Sholikhah, D. A., & Rokhmat, R. (2024). Pengaruh Content Marketing, Viral Marketing, dan Influencer Marketing terhadap Purchase Decision pada Pengguna Social Commerce TikTok Shop di Yogyakarta. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan, 15(3). https://doi.org/10.59188/covalue.v15i3.4620
Shukmalla, D., Savitri, C., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di TikTok Shop (Studi pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang), 8(3).
Syamsidar Syamsidar, Andi Mustika Amin, Ichwan Musa, Siti Hasbiah, & Nurul Fadilah Aswar. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Online Customer Review pada TikTok Shop terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow: Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(4), 252–263. https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i4.4381
Winata, A. S., Sirait, S., Simarmata, H. M. P. S., Nathania, B., & Berlien, R. (2024). Evaluasi Efektivitas Brand Awareness, Content Marketing, Value, dan Pricing terhadap Keputusan Pembelian Produk B2C Skintific pada Platform TikTok (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Murni Teguh). Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), 7(2), 522. https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i2.1940
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novia Jati, Widarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.