Implementasi Chatbot Interaktif Pada Website PT Berdikari Untuk Meningkatkan Layanan Konsumen Dan Edukasi Agribisnis
DOI:
https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2404Keywords:
Chatbot, Kecerdasan Buatan, Layanan Konsumen, Edukasi Agribisnis, BotpressAbstract
Perkembangan teknologi digital menuntut perusahaan untuk memberikan layanan yang cepat, informatif, dan efisien. PT Berdikari, sebagai BUMN di sektor agribisnis, menghadapi tantangan dalam menyampaikan informasi dan edukasi agribisnis secara efektif kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi chatbot berbasis Botpress pada website PT Berdikari sebagai solusi untuk meningkatkan layanan konsumen dan memberikan edukasi agribisnis berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei yang melibatkan 129 responden dari kalangan eksternal. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif, uji korelasi Pearson, dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot efektif dalam memberikan informasi secara real-time dan tepat sasaran, serta berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman pengguna terhadap agribisnis. Nilai adjusted R square menunjukkan bahwa chatbot berkontribusi sebesar 69% terhadap peningkatan layanan konsumen dan 62,6% terhadap efektivitas edukasi agribisnis. Temuan ini menunjukkan bahwa chatbot dapat menjadi alat digital yang efektif untuk meningkatkan efisiensi layanan dan memperkuat peran perusahaan dalam edukasi publik. Kesimpulannya, chatbot merupakan inovasi yang relevan dalam mendukung transformasi digital di sektor agribisnis, khususnya dalam peningkatan kualitas interaksi dengan konsumen.
References
Azizah, S., Apryliasari. D., & Gerald, G. (2023). The Application of Farm Management System in The Grand Parent Stock Farm of PT. Berdikari Unit Lebak. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(1), 38–57. https://doi.org/10.15642/manova.v6i1.1062.
Botpress. (2023). Botpress Documentation. Diakses dari https://botpress.com/docs.
Destiany, T., Iskandar, Y., & Kasman. (2022). Analisis Customer Service Menggunakan Chatbot Berbasis Artificial Intelligence (Suatu Studi pada Daya Motor Honda Ciamis. Business Management And Entrepreneurship Journal, 4(4), 103-112.
Hikmah, N., Ariyanti, D., & Pratama, F. A. (2022). Implementasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant di Universitas Panca Marga Probolinggo menggunakan Metode TF-IDF. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 4(2), 133–148. https://doi.org/10.35746/jtim.v4i2.225.
Huseynov, F. (2023). Chatbots in Digital Marketing: Enhanced Customer Experience and Reduced Customer Service Costs. Contemporary Approaches of Digital Marketing and the Role of Machine Intelligence. A. Munna (ed.). IGI Global. London.
Khoirunisa, R., Apriliyanto, E., Sandi, A., & Kusrini. (2020). Penggunaan Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Media Informasi Pertanian. IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics, 4(2), 55-63. https://doi.org/10.20961/ijai.v4i2.38688.
Labadze, L., Grigolia, M., & Machaidze, L. (2023). Role of AI chatbots in education: systematic literature review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00426-1.
Mahendra, M. D., Rasywir, E,. & Prasasti, L. (2023). Implementasi Chatbot Sebagai Layanan Customer Service Pada Kafe Duniawi Coffee. SAINTEKS: Jurnal Teknologi Komputer dan Sains, 1(1), 15-23.
Misischia, C., Poecze, F., & Strauss, C. (2022). Chatbots in Customer Service: Their Relevance and Impact on Service Quality. Procedia Computer Science 201. 421–428. http://dx.doi.org/10.1016/j.procs.2022.03.055.
Mulyatun, S., Utama, H., & Mustopa, A. (2021). Pendekatan Natural Language Processing Pada Aplikasi Chatbot Sebagai Alat Bantu Customer Service. Journal of Information System Management (JOISM), 2(2), 12-17. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i1.404.
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. Diakses dari https://www. nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/.
Oktavia, C. A. (2019). Implementasi Chatbot Menggunakan Dialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer Service.
JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 4(3), 36-40. https://doi.org/10.37438/jimp.v4i3.230.
Sarosa, M., Kusumawardani, M., & Suyono, A. (2020). Implementasi Chatbot Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Media Sosial. (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 6(3), 317-322.
Shafira, N., Martiana, E., & Asmara, R. (2021). Sistem Customer Service PT Kereta Api Indonesia (Persero) Berbasis Chatbot Menggunakan Komputasi Bahasa. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 5(1), 37-41. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol5No1.pp37-41.
Sihotang, R. D. T., & Haryadi, H. (2024). Pengaruh Usability dan Responsiveness Chatbot terhadap Kepuasan Pelanggan: Analisis Mahasiswa Bisnis Digital Universitas Negeri Medan dalam Konteks Penggunaan E-Commerce. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(6), 2080–2091. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i6.5245.
Soetiyono, A., Kurnia, Y., & Kurnia, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Chatbot dan Asisten Virtual terhadap Peningkatkan Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. ECo-Buss, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1169.
Tamrakar, R., & Wani, N. (2021). Design and Development of CHATBOT: A Review, Proceedings of the International Conference on Latest Trends in Civil. Mechanical and Electrical Engineering. Daring. April 12–13.
Taufik, Z. A., & Supriyanto. (2023). Implementasi Chatbot untuk Layanan Frequently Asked Question Akademik dengan Penggunaan Dialogflow. Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen, 13(1), 1-10. https://doi.org/10.33020/saintekom.v13i1.337.
Titoni, E., Firgana, D., Aditya, B., Pribadi, T, A., & Lianto, R. (2024). Peran Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan. Technologia : Jurnal Ilmiah, 15(1), 20-30. http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i1.13220.
Yuniar, E., & Purnomo, H. (2019). Implementasi Chatbot “Alitta” Asisten Virtual Dari Balitta Sebagai Pusat Informasi Di Balittas. ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 12(1), 24-35. https://doi.org/10.35457/antivirus.v13i1.714.
Wicaksono, A., Choldun, M. I., & Putratama, V. (2022). SIRECHAT: Sistem Informasi Realtime Chat Hubungan Masyarakat Menggunakan Chatbot Berbasis Webs (Studi Kasus: Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur). IMPROVE Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika, 14(2), 42-46.
Wulandari, D., & Wibowo, J. S. (2023). Implementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Layanan Informasi Wisata di Kota Pati. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 6(2), 794-801. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.7107.
Wulandari, F., Ahdiat, D., Sudrajat, Riskiyai, H., & Nuryaningsyih, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Chatbot Dalam Customer Service Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Telkomsel. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 432–437. https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3429.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eric Wirayudha, Yeni Nurhasanah, Andriyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.