Strategi Copywriting dalam Membentuk Brand Identity pada Konten Instagram @izincoid

Authors

  • Hikmatullah Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Soegiarto Universitas Negeri Jakarta
  • Wina Puspita Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Fajar Rosalina Universitas Negeri Jakarta
  • Mentari Anugrah Imsa Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2544

Keywords:

Copywriting, Identitas Merek, Instagram, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi copywriting yang digunakan oleh akun Instagram @izincoid dalam memperkuat citra merek. Penggunaan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif bertujuan untuk mengidentifikasi kontribusi elemen tekstual terhadap pembentukan identitas merek. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi konten pada akun Instagram @izincoid dan wawancara mendalam dengan anggota tim kreatif yang bertanggung jawab atas pembuatan konten. Penelitian ini mengkaji empat aspek utama dalam copywriting: judul (headline), isi teks (body copy), ajakan bertindak (call to action), dan penggunaan tagar (hashtag). Hasil penelitian menunjukkan bahwa copywriting yang efektif, yang ditandai dengan kejelasan, relevansi, dan kesesuaian dengan ekspektasi audiens, secara signifikan memengaruhi penguatan citra merek. Penggunaan gaya bahasa yang komunikatif dan persuasif secara efektif meningkatkan keterlibatan audiens dengan membangun hubungan yang lebih dekat dengan merek. Selain itu, kemampuan untuk menyesuaikan nada bahasa dan teknik naratif sesuai dengan format konten dan tujuan komunikasi mendukung fleksibilitas dan ketepatan dalam menyampaikan pesan merek. Dengan menerapkan strategi copywriting secara strategis, sebuah merek dapat membangun kepercayaan yang lebih besar dengan audiensnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa copywriting yang dirancang secara efektif, adaptif, dan berorientasi pada audiens merupakan kunci dalam menciptakan identitas merek yang konsisten dan mudah dikenali di platform digital, khususnya Instagram.

References

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(1), 674-681.

Anjani, N. M. A. C. M., Artha, I. G. A. I. B., & Purnami, P. W. S. (2024). Perancangan Brand Identity UMKM Steak Ijow Jalanan Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness Di Made Blez Studio. AMARASI: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(02), 219-229.

DamienMcLoughlin,DavidA.Aker.StrategicMarket Management: Global Perspectives. India :JohnWiley&Sons,2010.

Destrina, A. A., Lukyanto, G. C., Clara, M., & Siti, D. (2022). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo. 1473–1478

Halim, N. W. A., Amin, H., & Susilawaty, F. T. (2024). STRATEGI COPYWRITING@ BEAUTY. KENDARI: PENDEKATAN TEORI AIDA DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT KONSUMEN. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 9(1), 239-249.

Jamaludin, Trenggana, A. F., Girsang, R. M., Harto, B., Pramudhita, P., Jatinegara, K., . . . K, M. 2022.

Pemasaran Era Kini: Pendekatan Berbasis Digital. Bandung: Media Sains Indonesia.

Julius, A. H., & Agustin, D. A. C. (2022). Strategi Copywriting dalam Meningkatkan Kerjasama Pada Telkom Indonesia. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 1371-1382.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Nahdatul, U. (2023). ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN BRANDING PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS MELALUI MEDIA SOSIAL Rama Wahyudin M. Zaky Mubarak Lubis Anisa A. PENDAHULUAN Istilah Branding memiliki arti dan cakupan yang luas dari berbagai bidang keilmuan dan sudut pandang pa, 5(1).

Nugroho, F. (2022). Pelatihan Penggunaan Copywriting bagi Komunitas Kubependa Rawalumbu Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(3), 62-68.

Nurfitria, Duma. Dama, M. S Duva. (2024). Eksplorasi Bahasa dan Gaya Copywriting Instagram dalam Identitas Merek pada Akun @telkomselnow. Promedia: Public Relation dan Media Komunikasi, 10(1), 1-17.

Rahmatika, A. D., & Pertiwi, T. K. (2023). Penguatan UMKM melalui Strategi Branding pada Tempe Tahu Pantura Desa Tegalrejo, Probolinggo. INCIDENTAL: Journal Of Community Service and Empowerment, 2(01), 38-50.

Ray, I., & Islam, M. A. (2022). Perancangan Brand Identity dan Media Sosial Triversa Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Brand Awareness. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(3), 221-235.

Ronaldo, C., & Putra, W. P. S. J. Analisis Brand Identity di Jejaring Sosial Instagram (Studi Kasus Kopi Lain Hati PIK).

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta . Kwik Kian Gie School of Businnes.

Taufik, N. A., & Setiawati, S. D. (2024). Analisis Strategi Copywriting Pada Instagram Noore Sport Dalam Menembus Pasar Internasional. eProceedings of Management, 11(6).

Zuhri, R. R. (2024). Strategi Copywriting Melalui Media Sosial Instagram dalam Komunikasi Dakwah@ muslimahorid (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Hikmatullah, H., Soegiarto, A., Puspita Sari, W., Rosalina, I. F., & Imsa, M. A. (2025). Strategi Copywriting dalam Membentuk Brand Identity pada Konten Instagram @izincoid. Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 5(1), 10. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2544

Issue

Section

Articles