Penerapan Metodode Heuristic Evaluation Untuk Evaluasi UI/UX Official Website JKT48

Authors

  • Mehtar Baswara Wisesa Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
  • Sari Setyaning Tyas Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
  • Nur Rahmansyah Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2666

Keywords:

Evaluasi Heuristik, UI/UX, JKT48

Abstract

Web resmi JKT48 merupakan platform interaksi utama antara grup idola dengan penggemarnya, namun menghadapi tantangan dalam menyajikan pengalaman pengguna yang menarik dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi user interface (UI) dan user experience (UX) pada situs web resmi JKT48 untuk mengidentifikasi masalah kegunaan secara spesifik dan terukur. Metode yang digunakan adalah Heuristic Evaluation berdasarkan 10 prinsip usability Jakob Nielsen, dengan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui kuesioner dari 51 responden pengguna situs dan dianalisis menggunakan skala Severity Rating (SR). Hasil evaluasi menunjukkan adanya dua masalah kategori mayor (Major Usability Problem): pada prinsip Visibility of System Status (SR 2,52) yang disebabkan oleh kurangnya umpan balik sistem, dan masalah stabilitas teknis pada prinsip Error Prevention di mana pengguna sering mengalami error atau crash (SR 2,62). Ditemukan pula masalah signifikan pada User Control and Freedom (SR 2,49) serta serangkaian masalah minor pada prinsip-prinsip lainnya. Kesimpulannya, meskipun situs web ini fungsional untuk mencari informasi, akumulasi masalah kegunaan secara signifikan menurunkan kualitas pengalaman pengguna, berdampak negatif pada citra merek, dan membuat pengguna enggan merekomendasikan situs tersebut.

References

Alshabib, A. (2025). A Comparative Study of Heuristic Evaluation and Cognitive Walkthrough: An E-Government Usability Assessment Case Study. Arabian Journal for Science and Engineering, 50(10), 7801-7830, ISSN 2193-567X, https://doi.org/10.1007/s13369-025-09980-4

Balafit, S. (2022). Analisis Website Menggunakan Heuristic Evaluation Berbasis Severity Ratings Dan Sistem Usability Scale.

Capdevila, M. Gonzalez (2025). Quantifying heuristic evaluation. Computer Standards and Interfaces, 92, ISSN 0920-5489, https://doi.org/10.1016/j.csi.2024.103891

Falconi, F. (2025). A Practical Approach for Novice Evaluators in Heuristic Evaluations: A Case Study Evaluating the Redesign in the Healthcare Domain. Lecture Notes in Computer Science, 15795, 49-65, ISSN 0302-9743, https://doi.org/10.1007/978-3-031-93224-3_4

Girdayanto, T. M., Andry, J. F., Limawal, I. I. & Debby, F. (2022). Analisis User Interface Pada Website Bukalapak Dengan Metode Heuristic Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Teknologi Universitas Bunda Mulia. https://doi.org/10.2241/narada.2022.v9.i1.003

Huang, X. (2023). Frontiers in Business, Economics and Management The Economics of Emotion: Unraveling the Idol-Fan Relationship in Digital Culture (Vol. 12, Issue 2).

Li, G., & Tang, T. (2025). Online performance and interface design implications among older adults: A systematic review of eye tracking studies. In Applied Ergonomics (Vol. 128). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2025.104538

Mulyana, S. N. M. (2022). Parasocial Interactions: JKT48 Fans in Forming Relations with Idols and Social Environment. The Asian Institute of Research Journal of Social and Political Sciences, 5(3), 108–115. https://doi.org/10.31014/aior.1991.05.03.368

Muñoz, A.Y.V. (2025). Evaluation Heuristics to Improve Usability in Ecommerce Platforms. Communications in Computer and Information Science, 2332, 104-119, ISSN 1865-0929, https://doi.org/10.1007/978-3-031-91328-0_9

Nielsen, J. (2024, January 30). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. Nngroup. https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/

Nurrizqi, A. Z. (2025). User Experience Evaluation of the BPK RI Portal: A Combined UEQ and Heuristic Approach. 2025 5th International Conference on Innovative Research in Applied Science Engineering and Technology Iraset 2025, https://doi.org/10.1109/IRASET64571.2025.11008067

Oktaviyani, D. (2025). The Influence of JKT48 as Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Schematicity of Erigo Apparel on Purchase Behavior.

Pritalia, G.L. (2025). Assessing User Experience in Academic Information Systems: Insights from Heuristic Evaluation and UEQ. 2025 5th International Conference on Innovative Research in Applied Science Engineering and Technology Iraset 2025, https://doi.org/10.1109/IRASET64571.2025.11008331

Rahmansyah, N., Nurrahmi, H., Mardiani, E., Irandi, F., & Negeri Media Kreatif, P. (2020). Sistem Informasi Transaksi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada Mutiara Laundry. In Audit Sistem Informasi (Vol. 5, Issue 1).

Sari, S., Saadah, A. T., Sugiono, D. F., Palunggono, G. D. P., & Hidayatullah, M. F. (2024). Penerapan Metode System Usabillity Scale (SUS) pada Pengujian UI/UX Website “Ternakku.Id.” Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 13(2). https://doi.org/10.30591/smartcomp.v13i2.6275

Sembodo, F. G., Fitriana, G. F., & Prasetyo, N. A. (2021). Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS). Journal of Applied Informatics and Computing, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.30871/jaic.v5i2.3293

Setiawan, A. O., & Chrisdina, C. (2023). Marketing Strategy Of JKT48 As A Japanese-Style Idol Group In Attracting New Markets In Indonesia. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(1), 58. https://doi.org/10.37535/103004120236

Silalahi, M. R., Michelli, L. M., Umayasyah, H., Mu’adin, D. A., & Parga Zen, B. (2024). Evaluasi Heuristik Dan System Usability Scale UI/UX pada Aplikasi “Makan Kuy.” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 18(1), 57–67. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.1.1475

Subay, N. Y., Inan, D. I., Juita, R., Sanglise, M., & Podajow, D. R. (2024). Design And Evaluation of User Experience Using the Heuristic Evaluation Method: A Case of Papua University Website. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 8(2), 1016–1029. https://doi.org/10.33379/gtech.v8i2.4140

Wang, Q., Long, S., Zeng, Y., Tang, L., & Wang, Y. (2023). The creative behavior of virtual idol fans: a psychological perspective based on MOA theory. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1290790

Wirawan, D. K. & Maria, E. (2024). Penerapan Metode Heuristic Evaluation Untuk Evaluasi User Interface Aplikasi Lazada. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) (Issue 7).

Yarjullah, H. M & Jati, H. (n.d.). Usability Analysis With Heuristic Evaluation Method On The Paperlust.Co Website.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Wisesa, M., Tyas, S., & Rahmansyah, N. (2025). Penerapan Metodode Heuristic Evaluation Untuk Evaluasi UI/UX Official Website JKT48. Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 5(1), 14. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2666

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.