Fenomena Budaya K-Pop pada Pola Konsumsi Fandom Carat (K-Boygroup Seventeen) di Kota Pekanbaru

Authors

  • Dinda Utami Universitas Riau
  • T. Romi Marnelly Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2349

Keywords:

Budaya K-Pop, Perilaku Konsumsi, Merchandise K-Pop

Abstract

Fenomena Budaya Korea yang telah masuk dan berkembang di Indonesia telah menciptakan pola konsumsi yang dimana para penggemar K-Pop mengkonsumsi suatu barang secara berlebihan. Fenomena ini adalah suatu hal yang mampu mempengaruhi kesadaran dalam pola konsumsi masyarakat.  Hal tersebut menciptakan citra atau tanda pada suatu produk ketika telah dikonsumsi, yang mana pola konsumsinya tidak hanya didasarkan pada nilai dan guna, tapi menjadi nilai tanda. Para penggemar K-Pop ini membutuhkan validasi dan menunjukkan agar orang lain mengetahui bahwa dia adalah seorang penggemar K-Pop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumsi yang terjadi pada fandom Carat Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teori yang dikembangkan oleh Jean Baudrillard mengenai masyarakat konsumsi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan mengambil subjek penelitian sebanyak 5 (lima) orang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan secara wawancara berkala serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola konsumsi penggemar Seventeen mengkonsumsi berbagai macam marchendise seperti lighstick, album, photocard dan merchandise lainnya karena adanya konsumsi tanda. Dimana ketika mengkonsumsi barang-barang tersebut mereka mendapatkan adanya suatu citra atau tanda seperti adanya rasa kesenangan tersendiri, ada rasa kepuasan tersendiri, dan juga adanya rasa ingin pamer, serta ingin diakui dan menunjukkan kepada orang lain bahwa dirinya adalah seorang penggemar K-Pop

References

Adi, G. K. (2019). Korean Wave (Studi Kasus Fenomena K-Pop di Kalangan Remaja Kota Bandung). Universitas Hasanuddin.

Albi Anggito & Johan Setiawan, S. (n.d.). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Fadhilah Syahidah, H. (2022). Konsumsi Tanda pada Merchandise K-Pop (Studi Kasus Remaja di Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fitriani, S. (2021). Pembentukan Komunitas K-Pop di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 8(1), 1-15.

Hidayat, R. (2023). Pola Komunikasi Kelompok pada Komunitas Penggemar K-Pop di Solo. Jurnal Komunikasi dan Informasi Sosial, 5(2), 114-125.

Hidir, Achmad & Rahman Malik. (2024). Teori Sosiologi Modern. Tri Edukasi Ilmiah, Bukittinggi.

Malik, Rahman & Achmad Hidir. (2025). Sosiologi Digital: Dinamika Sosial di Era Teknologi. Tri Edukasi Ilmiah, Bukittinggi.

Nurhaliza, S. (2021). Analisis Perilaku Konsumtif Penggemar Idol K-Pop SEVENTEEN di Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Pratama, A. (2023). Perilaku Konsumtif pada Penggemar K-Boygroup SEVENTEEN (Carat) di Surabaya. Jurnal Syntax Admiration, 4(8), 98-115.

Rachma, N. (2021). Korean Wave: Gelombang Budaya Korea. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), October. https://www.researchgate.net/publication/355467049

Sakinah, R. N., Hasna, S., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda di Indonesia. Journal on Education, 5(1), 735–745. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.653

Saputra, E. M. R. R. S. E., Muhammad, D. S. B. T. A. N. K., & Jahja, H. A. N. S. K. A. S. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Y. P. M. Zaini & A. I. (026/DIA/2021), Eds.).

Sobry, M. & Prosmala Hadisaputra, M. P. (2020). Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/54257684/Tabrani._ZA_2014-Dasar-dasar_Metodologi_Penelitian_Kualitatif.pdf

Soraya, V. A. (2013). Pengaruh Budaya K-Pop terhadap Sikap Remaja Surabaya. Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.

Syafitri, D. (2022). Hubungan Fanatisme K-Pop dengan Motivasi Belajar pada Remaja di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Tanliana, D., & Utami, L. S. S. (2022). Perilaku Konsumtif Penggemar Korean Wave di Twitter (Studi Tentang Fenomena Koleksi Photocard K-Pop). Koneksi, 6(1), 184. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15549

Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave: Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989

Wahyuni, S. (2023). Fenomena Perilaku Konsumtif terhadap Keputusan Pembelian Merchandise K-Pop pada Fandom Carat di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2), 167-180.

Wicaksono, M. A., Patricia W, A., & Maryana, D. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave dalam Perkembangan Fashion Style di Indonesia. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35

Downloads

Published

2025-03-18

How to Cite

Utami, D., & Marnelly, T. R. (2025). Fenomena Budaya K-Pop pada Pola Konsumsi Fandom Carat (K-Boygroup Seventeen) di Kota Pekanbaru. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 9. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2349

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.