Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Roda Dua Menggunakan Samsat Digital Nasional (SIGNAL) di Kota Pekanbaru

Authors

  • Muhammad Farhan Universitas Riau
  • Harapan Tua RFS Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2417

Keywords:

Pelayanan, SIGNAL, Pajak Kendaraan Bermotor

Abstract

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) salah satu sumber pendapatan daerah yang digunakan dalam anggaran otonomi daerah. Salah satu instansi yang menangani pembayaran pajak kendaraan bermotor adalah Badan Pendapatan Asli Daerah (BAPENDA) Provinsi Riau melaui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pelayanan Samsat Digital Nasional (SIGNAL) Pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Roda Dua Di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teori dari Sulivyo dkk (2020) menggunakan 7 indikator yang terdiri dari Efisiensi, Fulfillment, Ketersediaan Sistem, Privasi, Responsivitas, Kompensasi,Kontak. Pelayanan Samsat Digital Nasional (SIGNAL) yang dilakukan oleh Bapenda Provinsi Riau dan dijalankan oleh UPT Samsat Simpang Tiga dan UPT Samsat Pekanbaru Kota belum berjalan secara optimal dan maksimal. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yang membuat pelayanan SIGNAL tidak optimal dan maksimal karena lambatnya pengiriman STNK jauh dari waktu yang telah dijanjikan, stabilitas jaringan dalam mengakses aplikasi, dan ketidaksesuaian antara data KTP dan alamat STNK menyebabkan sulitnya verifikasi data kendaraan. Agar selanjutnya pelayanan SIGNAL tersebut dapat berjalan dengan optimal dan maksimal, maka berbagai faktor dan kebutuhan diatas harus diperbaiki dan dilaksanakan untuk mencapai suatu pelayanan yang optimal dan lebih maksimal.

References

AB Harbani Pasolong. (2020). Teori administrasi publik. Afabeta.

Choirunnisa, L., Oktaviana, T. H. C., Ridlo, A. A., & Rohmah, E. I. (2023). Peran sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan publik di Indonesia. Sosio Yustisia: Jurnal Hukum dan Perubahan Sosial, 3(1), 71–95. https://doi.org/10.15642/sosyus.v3i1.401

Dina, D., Heri, H., & Widasari, H. (2020). E-service quality sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Bandung (Studi kasus pada Kecamatan Kiaracondong). Neo Politea, 1(2), 52–60. https://doi.org/10.53675/neopolitea.v1i2.500

Farmila, R. A., Andri, S., & Tua, H. (2022). Kualitas pelayanan publik dalam pembuatan e-KTP pada bagian kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Camat VII Koto Sungai Sarik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1949–1966.

Habibie, D. K. (2019). Citizen-centric e-government pelayanan publik. Jurnal Kebijakan Publik, 10(1), 1. https://doi.org/10.31258/jkp.10.1.p.1-8

Hardani, dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Haryoko, S., dkk. (2020). Analisis data penelitian kualitatif. Badan Penerbit UNM.

Indrajit, R. E. (2006). Electronic government: Konsep pelayanan publik berbasis internet dan teknologi informasi. Infokom.

Maik, R., & Hidir, A. (2025). Sosiologi digital: Dinamika sosial di era teknologi. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Maulidiah, S. (2021). Pelayanan publik: Pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN). CV. Indra Prahasta.

Muniarty, P., & Saputri, D. (2022). Pengaruh e-service quality terhadap e-customer pada marketplace Shopee program studi manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima.

Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif (Teori dan aplikasi) disertai contoh proposal. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Mustaqiem. (2008). Pajak daerah dalam transisi otonomi daerah. FH UII Press.

Rijai, A. (2018). Analisis data kualitatif. Ahadharah, 82–84.

Sedarmayanti. (2020). Reformasi administrasi publik, reformasi birokrasi, dan kepemimpinan masa depan: Mewujudkan pelayanan prima dan kepemerintahan yang baik. Refika Aditama.

Sopiyah, L., & Harapan, T. R. F. S. (2019). Pelayanan hak–hak pelanggan PT. Garuda Indonesia: Studi kasus pada bencana kabut asap di Pekanbaru, Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kualitatif dan R&D. Afabeta.

Sulivyo, L., dkk. (2020). Manajemen pelayanan publik 4.0. CV. Budi Utama.

Susilawati, dkk. (2024). Pelayanan publik berbasis digital pada organisasi sektor publik di Indonesia.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Muhammad Farhan, & Harapan Tua RFS. (2025). Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Roda Dua Menggunakan Samsat Digital Nasional (SIGNAL) di Kota Pekanbaru. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 8. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2417

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.