Efektivitas Pelaksanaan Aplikasi Galamai (Galeri Layanan Masyarakat dan Informasi) Pada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Padang

Authors

  • Nabila Septia Warman Universitas Negeri Padang
  • Aldri Frinaldi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v4i1.1783

Keywords:

Efektivitas, Aplikasi Galamai, Pelayanan Publik

Abstract

Penyelenggara pelayanan publik ialah suatu pemenuhan kebutuhan dasar setiap masyarakat oleh pemerintah. Balai besar pengawas obat dan Makanan (BBPOM) di Padang adalah institusi pemerintahan non-kementerian untuk melayani masyarakat mengenai izin yang terkait di bidang Obat dan Makanan. Oleh hal tersebut BBPOM di Padang membuat suatu program pelayanan publik yaitu Aplikasi Galamai (Galeri Layanan Masyarakat dan Informasi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan aplikasi Galamai  pada  BBPOM di Padang, mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaan serta upaya untuk mengatasinya. Studi ini berjenis kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif dan sudut pustaka serta studi wawancara, dokumentasi dan observasi non partisipan. Hasil studi menjelaskan bahwasanya pelaksanaan aplikasi Galamai pada BBPOM di Padang telah berjalan optimal akan tetapi untuk kegiatannya ada beberapa permasalahan yang mempengaruhi implementasinya yang dinilai tidak cukup efektif. Berdasarkan data dilapangan, masih ada masyarakat dan stakeholders serta para pegawai yang mengeluhkan kendala diantaranya tidak dapat diaksesnya aplikasi Galamai sendiri, terkendala sinyal yang mengakibatkan terhentinya kegiatan pelayanan. Dari hasil tersebut dapat dikatakan pelaksanaan aplikasi Galamai sudah baik, namun belum cukup dikatakan efektif.

References

Budiani, N. W. (2007). Efektivitas program penanggulangan pengangguran karang taruna “eka taruna bhakti” desa sumerta kelod kecamatan denpasar timur kota denpasar. Jurnal ekonomi dan Sosial, 2(1), 49-57.

Frinaldi, A. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.

Frinaldi, A. 2017. “The Influence of Work Culture on Work Performance of Employees in Department of Transportation, Communication and Informatics of West Sumatera”. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja. Vol. 7 No. 2.

Frinaldi, A., Khaidir, Afriva., dan Rahayu, Vivi Yulistia. 2019. “Policy Management to Develop Tourism Work Culture Consciousness and Increasing Visiting People’s Satisfaction”. Jurnal Studi Pemerintahan. Vol. 10 No. 1.

Hasibuan, Melayu S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta.

Larasati, Selviana Putri., dan Haksama, Setya. 2016. “Penerapan Theory Of Constraint Pada Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya”. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. Vol. IV No. 2.

Perdana, S., Hidayat, E. N., & Humaedi, S. (2016). Efektivitas Program Kemitraan Pt. Kai Daop 2 Bandung Dalam Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2).

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 27 Tahun 2022 tentang standar kualitas pelayanan publik di lingkungan Badan POM

Raymond Mcleod.2008.Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Salempa Empat.

Sondang P. Siagian. (1983). Bungo Rampai Manajemen Modern (pp32-35). Jakarta: Gunung Agung.

Sinambela, L. (2005). Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Publik

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Septia Warman, N., & Aldri Frinaldi. (2024). Efektivitas Pelaksanaan Aplikasi Galamai (Galeri Layanan Masyarakat dan Informasi) Pada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Padang. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.53697/iso.v4i1.1783

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.