Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran 7P dalam Efektivitas Pelayanan Wisatawan Lokal dan Internasional Museum Blambangan

Authors

  • Ike Nuer Rosawati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Aditya Dimas Pratama Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2484

Keywords:

Marketing Mix, Museum Blambangan, Efektivitas Pelayanan, Banyuwangi

Abstract

Banyuwangi merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi pariwisata yang berkembang pesat, khususnya dalam sektor budaya dan kuliner. Salah satu destinasi wisata budaya yang menonjol adalah Museum Blambangan yang memiliki nilai historis, edukatif, dan busaya yang menonjol adalah Museum Blambangan yang memiliki nilai historis, edukatif, dan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan strategi komunikasi pemasaran 7P yang mencakup Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan, baik lokal maupun internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran 7P di Museum Blambangan telah dilakukan secara efektif. Dalam aspek produk, museum menampilkan koleksi sejarah dan budaya lokal yang menarik dan edukatif. Dari segi harga, tarif masuk museum cukup terjangkau oleh semua kalangan masyarakat dan wisatawan. Lokasi museum yang strategis dan mudah dijangkau memberikan nilai tambah dalam aspek tempat. Promosi dilakukan melalui media sosial dan kegiatan budaya yang melibatkan masyarakat lokal maupun mancanegara. Sumber daya manusia seperti petugas dan guide tour museum berperan aktif dalam memberikan informasi dan pelayanan yang ramah kepada pengunjung. Proses dalam pelayanan ditata secara sistematis mulai dari kedatangan hingga pengunjung menyelesaikan kunjungan agar mudah terjangkau pada wisatawan lokal dan mancanegara. Sementara itu, bukti fisik berupa kebersihan ruangan, fasilitas pendukung, benda artefak dan desain interior museum mendukung informasi bagi pengunjung. Kesimpulannya, pada strategi komunikasi pemasaran 7P berperan penting dalam meningkatkan efektivitas pelayanan di Museum Blambangan sebagai destinasi wisata budaya di Banyuwangi.

References

Adhianti, A. A., & Herlinda, H. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara. Scriptura, 10(1), 34–42. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42

Amalliah, & Anggraini Katry. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Penyelenggaraan Event Festival Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi. Netnografi Komunikasi, 2(1), 27–36.

Anom, L., & Safii, A. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Revisit Intention Pengunjung Wisata Alam di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 14(2), 144–151. http://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/177

Asri, O. lintang. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PENGELOLA OBJEK WISATA MUSEUM BUKURAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN. In AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam: Vol. VIII (Issue I).

Badriyatus, N. M., Islam, U., Kiai, N., & Achmad, H. (2023). Strategi Pelestarian Museum Blambangan Pada Era Industri 4 . 0 Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Banyuwangi The Strategy for Preserving the Blambangan Museum in the Industrial Age 4 . 0 in Increasing Tourist Visits in Banyuwangi. 5(3), 575–583.

Ekalista, P., & Tri Hardianto, W. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Kartika Graha Malang Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.33366/jkn.v1i1.6

Endriana, F., Citra Alnauri, S., & Agustin, D. A. (2022). Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 3(2), 88–95. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v3i2.49372

Goma, N. S., Salim, M., & Marta, R. F. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Paguyuban Batik Tulis Giriloyo Menghadapi Pandemi COVID-19. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 4(1), 40. https://doi.org/10.24014/kjcs.v4i1.17963

Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 72–83. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.50

Kharisma, F. (2015). Kerajaan Blambangan Tahun 1736-1768 Sebagai Muatan Lokal Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas (Vol. 3, Issue 3).

Kurniawanti, D., & Hendrawan, B. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Indonesia Villajaya Dalam Upaya Membangun Loyalitas Pelanggan. Journal of Applied Business Administration, 1(1), 61–73. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i1.1261

Mayzal, T., Noviarita, H., & Ridwansyah, R. (2024). Analisis Implementasi Strategi Baruan Pemasaran 7P Pada Akun Shopee Serabutan99. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 2040–2049. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4300

Mursidi, A. (2010). Pemanfaatan Museum Blambangan Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Kelas X Sma Negeri Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Paramita, 20(2), 190–202.

Naamy, N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar & Aplikasinya. In Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah LP2M UIN Mataram (Issue Maret). https://repository.uinmataram.ac.id/2853/1/buku Metode Penelitian.pdf

Nurcahyo, R. jat., & Yulianto. (2019). Pengembangan Daya Tarik Wisata Kunjung Museum Melalui Wahana Edukasi Di Museum Pura Pakualaman Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.36594/jtec/9ncpfx84

Nurhayaty, M. (n.d.). Strategi mix marketing ( product, price, place, promotion, eople, process, physical evidence ) 7p di pd rasa galendo kabupaten ciamis. 08(02), 119–127.

Nurmala, A. C. W., & Thamrin, H. M. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi PT Putra Kalistail Banyuwangi dalam Meningkatkan Pelayanan pada Pelanggan. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.47134/jeae.v1i1.24

Praja, junita S., & Ulfa, W. (2020). Implementasi Qanun Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat Di Kota Banda Aceh Provinsi Aceh. 11–20.

Rochmadika, H., & Parantika, A. (2023). Strategi Bauran Pemasaran 7P Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Mangata Coffee & Eatery. Media Wisata, 21(1), 164–177. https://doi.org/10.36276/mws.v21i1.460

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

Sulistyo, A., Suhartapa, S., & Wibowo, A. (2022). Implementasi Marketing Mix pada Objek Wisata Dira Park Ambulu dalam Menciptakan Pengelolaan Berkelanjutan. Tourism Scientific Journal, 8(1), 12–28. https://doi.org/10.32659/tsj.v8i1.217

Sumiyati, S., & Murdiyanto, L. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 171. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.629

Syafitri, D. E., & Nur, M. (2024). Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran pada Bisnis Agrowisata ( Studi Kasus CV . Empang Emak Niyah ). 1(2), 191–219.

Widiastuti, F. (2020). Peran Media Sosial sebagai Sarana Strategi Promosi Museum dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Museum Basoeki Abdullah. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51234

Wiksana, W. A. (2017). Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretan.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rosawati, I. N., & Pratama, A. D. (2025). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran 7P dalam Efektivitas Pelayanan Wisatawan Lokal dan Internasional Museum Blambangan. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 12. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2484

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.