Strategi Komunikasi Humas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Menginformasikan Layanan SAPA 129

Authors

  • Dian Yusuf Universitas Negeri Jakarta
  • Wina Puspita Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Soegiarto Universitas Negeri Jakarta
  • Muria Putriana Universitas Negeri Jakarta
  • Menati Fajar Rizki Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2649

Keywords:

Strategi Komunikasi, Humas Pemerintah, SAPA 129, Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Kemen PPPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam strategi komunikasi yang diterapkan oleh Humas Kemen PPPA dalam menginformasikan layanan SAPA 129, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan kerangka analisis model perencanaan strategi komunikasi lima tahap dari Hafied Cangara, yang meliputi Penelitian (Research), Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Execute), Pengukuran (Measure), dan Pelaporan (Report). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan dari Biro Humas Kemen PPPA, observasi, studi dokumentasi, dan diperkuat dengan triangulasi sumber melalui wawancara dengan seorang praktisi komunikasi publik sebagai informan ahli.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kemen PPPA telah menerapkan strategi komunikasi secara siklus, terstruktur, dan berbasis data. Proses ini diawali dengan riset mendalam berbasis data dari SIMFONI PPA, dilanjutkan dengan perencanaan multi saluran yang berfokus pada platform digital, diwujudkan melalui diseminasi konten edukatif dan pemanfaatan komunikator kunci, serta dievaluasi dan dilaporkan secara sistematis untuk pengambilan keputusan. Praktik ini divalidasi oleh ahli komunikasi publik sebagai sebuah pendekatan yang profesional dan menunjukkan tingkat kematangan organisasi yang tinggi, terutama dalam pengambilan keputusan berbasis bukti. Faktor pendukung utama adalah dukungan pimpinan yang kuat dan kolaborasi eksternal yang luas. Sementara itu, faktor penghambatnya meliputi keterbatasan sumber daya manusia dan anggaran, tantangan jangkauan ke daerah 3T, serta tingkat kepercayaan publik yang masih perlu ditingkatkan

References

Ahmad Rijali. (2019). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Issue 33).

Aprianti, E. F., & Mardiana, S. (2023). Strategi Komunikasi Humas Polda Banten dalam Menginformasikan Program “Lancar Ambulanku Selamatkan Pasienku.” Communicator Sphere, 3(1), 32–43.

Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.

Asdep Pelayanan Anak Yang Memerlukan Perlindungan Khusus. (2025). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Asdep AMPK.

Asdep Penyediaan Layanan Perempuan Korban Kekerasan. (2024). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Cangara, H. (2017). Perencanaan & Strategi Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada: Depok.

Creswell. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (Sixth Edition). Sage Publications.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Herlina, S., Boer, R. F., Fasadena, N. S., Sos, M., Kede, A., Kahfi, M. A.-M., Sos, S., Ganiem, L. M., Putri, S. S., & Hasibuan, N. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi. Basya Media Utama.

Jailani, M. S. (2017). Membangun Kepercayaan Data dalam Penelitian Kualitatif. 36363. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/index

Jamilah, O. P., Utami, Y. S., & Kurniadi, E. (n.d.). Evaluasi Akhir Strategi Komunikasi Stasiun Radio Dalam Menghadapi Konvergensi Media (Studi Kasus Pada PT. Radio Tjandra Buana Suara FM Cianjur).

Kementerian PPPA. (2025). SIMFONI PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak). Kementerian PPPA. https://kekerasan.kemenpppa.go.id

Kumar, K. (2024). Effective communication skills. KHANNA PUBLISHING HOUSE.

Multaza, W. I., Meliala, Y. H., Ningsih, C., & Dewi, Y. R. (2021). Strategi Komunikasi Humas Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI Dalam Menyosialisasikan Program Lambe Hoaks. Jurnal Cyber PR, 1(1), 32–44.

Nugroho, D. A., Khasanah, D. N., Pangestuti, I. A. I., & Kholili, M. I. (2021). Problematika pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA: A systematic literature review (SLR). TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 87–96.

Pusat Bahasa Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Rahma, A. N., Cipto Nugroho, P., Damayanti, R., & Mulatasih, T. (2022). Efektivitas Layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 (Studi Kasus Kualitas SDM Pada Layanan SAPA 129 di Kementerian PPPA).

Rizki, M. F., & Sabuya, M. (2023). Strategi Komunikasi Humas Kemenkomarves Dalam Pemberian Informasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Commed Jurnal Komunikasi Dan Media, 7(2), 176–185.

Sari, W. P., & Soegiarto, A. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Daerah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jurnal Communicology, 9.

Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung, 4.

Sutiyono, S. (2022). Analisis faktor pendukung dan faktor penghambat pembentukan profil pelajar pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10.

Syahroni, M. I. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56.

Ubaidillah, A. F., Rochmah, L. M., & Sobri, A. Y. (2024). Systematic Review: Strategi Humas Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Citra dan Reputasi melalui Media Sosial. Proceedings Series of Educational Studies, 2, 1–9.

Uchjana, O. (2019). Ilmu Komunikasi, Teori Dan Praktek.

Ummah, A. H., Djuanda, G., Ahmad, D., Afriza, E. S. D., Athalarik, F. M., Moekahar, F., Diwyarthi, N. D. M. S., Sukri, A., Arifudin, O., & Dewi, N. P. S. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis.

Vera Nurfajriani, W., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., Afgani, W., Negeri, U. I., Fatah, R., & Abstract, P. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833. https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Yusuf, D., Wina Puspita Sari, Asep Soegiarto, Muria Putriana, & Menati Fajar Rizki. (2025). Strategi Komunikasi Humas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Menginformasikan Layanan SAPA 129. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 12. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2649

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.