Pengaruh Promosi, Aksesibilitas, Fasilitas Dan Harga Pada Kepuasan Pengunjung Pantai Gumuk Kantong, Muncar, Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2651Keywords:
Promosi, Aksesibilitas, Fasilitias, Harga, Kepuasan PengunjungAbstract
Di Indonesia tepatnya di Kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai daerah dengan sejumlah objek wisata yang menunjukkan keberadaan pantai, salah satunya adalah wisata Pantai Gumuk Kantong. Kepuasan pengunjung di Pantai Gumuk Kantong, Muncar, Banyuwangi, sedang diteliti untuk mengetahui sejauh mana promosi, aksesibilitas, fasilitas, dan harga memengaruhi kepuasan tersebut. Responden dalam studi kuantitatif ini adalah 220 pengunjung pantai Gumuk Kantong. Kuesioner diberikan menggunakan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan data, dengan tujuan memilih responden yang dianggap paling sesuai dan relevan. dipakai sejumlah teknik analisis data, seperti pengujian instrumen data, analisis data, pengujian asumsi klasik, regresi linier berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi, di antara teknik lainnya. Di Pantai Gumuk Kantong, Muncar, Banyuwangi, pengunjung cenderung lebih puas dengan pengalaman mereka jika ditawarkan harga yang lebih baik, akses yang lebih mudah, fasilitas yang lebih baik, dan lebih banyak kesempatan promosi.
Downloads
References
Fadilla, H. (2024). Pengembangan Sektor Pariwisata untuk meningkatkan Pendapata Daerah Di Indonesia. Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.70437/benefit.v2i1.375
Fahrezy, G. A., Nurfarida, I. N. & Wilujeng, S. (2024). Pengaruh Harga, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Safari II Prigen Pasuruan. 2012, 58–63.
Herwanto, T. &. (2024). Economics and Digital Business Review Pengaruh Promosi , Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Pantai Setigi Heni Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. 5(2), 555–569.
Hutasoit, A. H., & Lubis, T. W. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pengunjung Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(2), 183–194. https://doi.org/10.55601/jwem.v13i2.1028
Idris, N. M. (2024). Pengaruh Bauran Promosi Media Sosial dan Destinasi Image on Kepuasan Pengunjung di Puncak Lima Jari , Jakarta Selatan Sulawesi Jurnal Asia Manajemen Kewirausahaan dan Ilmu Sosial. 650–668.
Jonathan, & Istriani. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia - e-ISSN 3026-4499, 1, 55–71. https://doi.org/10.47747/snfmi.v1i.1463
Kamar, T. P. (2024). Perkembangan Pariwisata April 2024. Badan Pusat Statistik (BPS), 42, 1–20.
Khalid, F. &. (2024). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga dan Citra Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4, 1231–1244. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9388
Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (13 ed.). (B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.
Marwah, A. H. & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Pantai Terhadap Daya Tarik Pengunjung Wisata Pantai Sejarah. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 1(2), 118–133. https://doi.org/10.55047/jekombital.v1i2.284
Natalia, C. Y., Karini, N. & Mahadewi, N. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Ke Broken Beach Dan Angel’s Billabong Clarissa. 8(1), 10–17.
Nizhamuddin, A. B. (2022). Pengaruh Attraction, Amenites, Accessibilities, Infrastructure Terhadap Kepuasan Pengunjung ke Tempat Wisata Taman Oval Markoni. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 133–141. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i2.102.133-141
Octaviani, L. K. (2025). Pengaruh amenitas dan aksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan pada wisata bahari pantai melasti bali 1. 1–10.
Pakpahan, J. M. R. P. & Manurung, J. S. (2024). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas dan Harga Tiket terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Bukit Holbung di Kabupaten Samosir. Jurnal Riset Manajemen, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i2.1701
Permadi, B., Berlian, E. P., Firdausya, N. A. & Yusuf, R. (2024). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Taman Satwa Cikembulan Di Kabupaten Garut. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 2(2), 235–249. https://doi.org/10.55606/mri.v2i2.2515
Putri, E. K. D., Haryati, R. & Firdaus, T. R. (2022). Pengaruh Harga, Fasilitas Wisata Dan Atraksi Wisata Terhadap Kepuasan Konsumen Objek Wisata Puncak Lawang Agam. Jurnal Matua, 4(2), 387–396. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/582
Rahmawati, P. D., Wahyuningsih, T. H., Tinggi, S., Manajemen, I., & -Indonesia, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Destinasi, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Monumen Yogya Kembali. Tri Harsini Wahyuningsih, 5(1), 73–83.
Sa’adah, L., Prawoto, E., Meftahudin, M., & Trihudiyatmanto, M. (2023). Pengaruh Harga, Fasilitas, Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Lubang Kilat Di Desa Riam Tinggi Kabupaten Lamandau. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 3(3), 63–76. https://doi.org/10.32699/jamasy.v3i3.5406
Simbolon, S., Prana, R. R., & Mubarak, H. (2022). Pengaruh Promosi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung pada Monaco Park Kabupaten Deli Serdang. Journal of Management and Economics Research, 1(1), 35.
Sudarwan, Zahra, & T. (2021). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Sawarna Kabupaten Lebak. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 284–294. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.29
Syafril, R. K., Handayati, R. & Rosyad, S. (2022). Pengaruh Harga, Fasilitas, Dan Aksesibilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Pantai Maldives Lamongan the Effect Prices, Facilites, and Tourism Accessibility on the Satisfaction of Maldives Lamongan Beach Destination Visitors. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA), 4, 1–10.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi
Wahyudi, R., & Yusra, I. (2021). Pengaruh Promosi, Harga Dan Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Air Manis Padang. Management Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(2), 33369.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Icha Rohali, Haris Hermawan, Ahmad Izzuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.