Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Lembaga Penyiaran Radio di Wilayah Bangka
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2419Keywords:
Strategi, Eksistensi, RadioAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga penyiaran radio dalam mempertahankan eksistensinya di wilayah Bangka. Di tengah gempuran era digital yang terus mengalami perkembangan, media tradisional radio ini sedang menghadapi tantangan besar dalam upaya mempertahankan audiensnya.oleh sebab ituy, penting bagi lembaga penyiaran radio untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif sehingga dapat menarik perhatian para pendengar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa stasiun radio di wilayah Bangka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan penyiar, pengelola, staf radio, yang juga disertai dengan dokumentasi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang efektif dengan melakukan pendekatan yang melibatkan pihak radio dengan klien dan para pendengar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengelola radio dalam merancang strategi pemsaran yang tepat sehingga dapat memeprtahankan eksistensi di tengah persaingan media yang semakin ketat.
References
Amstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Prenhalindo.
Anastasia, H., & Machmud, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Maros FM dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar. Journal of Communication Sciences (JCoS), 2(2), 71–79. https://doi.org/10.55638/jcos.v2i2.444
Irmandasari, T., Satvikadewi, A. A. P., & Romadhan, M. I. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan M Radio Surabaya. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 85–90.
Kennedy, J., & Soemanagara, D. (2006). Marketing Communication Taktik and Strategy. Bhuana Ilmu Populer.
Kusuma, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Media Radio Melalui Program On-Air. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 20. https://doi.org/10.31764/jail.v6i1.11140
Kusumastuti, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Lestari, M., Ritonga, S., Deni, I. F., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Kiis FM Dalam Padang Sidempuan. 2(3), 1063–1072.
MB, S., & Yaqin, A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran K-Radio Jember dalam mendapatkan Iklan. JURNAL PARADIGMA MADANI: Ilmu Sosial, Politik Dan Agama, 11(1), 18. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/PAR/article/view/3003
Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.
Ningrum, F. (2007). Sukses Menjadi Penyiar, Scripwriter, dan Reporter Radio. Lenebar Swadaya.
Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka Setia.
Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi Pemasaran Strategi & Taktik di Lengkapi Analisis SOSTAC & STOP -SIT. Ghalia Indonesia.
Rosady, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.
Sari Lubis, M. (2018). Metodologi Penelitian. Deepublish.
Soemanagara. (2006). Strategic Marketing Communication Konsep strategis dan terapan. Alfabeta.
Syauqi, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Andika FM Kediri Periode Tahun 2014-2016. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 28–58. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.119
Syauqi, M. R. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Top FM Cilegon Dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan. 144.
Wibowo, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi COVID-19 dan kenormalan baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 40. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/3003/1558
Yunita, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Eksistensi Radio Dangdut Terdepan di Jakarta (Studi Kasus Eksistensi Radio CBB 105,4 FM). Jurnal Komunikasi, 8(1), 4. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2116
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Safril, Yera Yulista, Pebri Yanasari, Muflihatul Kamila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.