Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Generasi Milenial Pada Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.1928Keywords:
Media Sosial, Partisipasi Politik, Generasi MilenialAbstract
Penggunaan media sosial sangat populer di kalangan generasi milenial. Generasi milenial atau disebut juga generasi Y lahir sekitar awal tahun 1980an hingga tahun 2000an. Generasi ini juga identik dengan pemanfaatan teknologi komunikasi. Hampir setiap harinya generasi ini mengakses media sosial. Melalui media sosial, generasi ini menerima dan berbagi informasi dengan mudah. Namun, generasi ini memiliki tingkat partisipasi politik yang cukup rendah. Generasi ini cenderung memperhatikan isu politik melalui media sosial. Maka dari itu, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi politik generasi ini yaitu melalui media sosial. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket yang dibagikan kepada 196 responden generasi milenial. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik generasi milenial di Kabupaten Padang Parimana. Setelah dilakukan analisis terhadap media sosial (Facebook dan Tiktok) secara parsial dan secara simultan terdapat pengaruh terhadap partisipasi politik generasi milenial di Kabupaten Padang Pariaman.
References
Pratama, D., Widodo, T., & Maulia, S. T. (2023). Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Mileniall. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 79-89.
Juditha, C., & Darmawan, J. (2018). Penggunaan media digital dan partisipasi politik generasi mileniall use of digital media and political participation mileniall generation. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik Vol, 22(2), 94-109.
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi mileniall dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249.
Kushardiyanti, D. (2021). Tren Konten Dakwah Digital oleh Content Creator Mileniall Melalui Media Sosiall Tiktok di Era Pandemi Covid-19. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(1), 97-114
Abugaza, Anwar, (2013) Social Media Politika, Jakarta: PT. Tali Writing & Publishing House.
Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosiall Tiktok Dalam Proses Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 346-352.
Wahyuni, S., & Adnan, M. F. (2024). Partisipasi Politik Generasi Mileniall Pada Pemilihan Presiden 2024 di Kota Padang. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosiall, Politik dan Humaniora, 4(2), 1-18
Arianti, P., & Adnan, M. F. (2024). Partisipasi Politik Perempuan Pada Pemilihan Presiden 2024 di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosiall, Politik dan Humaniora, 4(2).
Utami, F. (2020). Media sosiall dan partisipasi politik mileniall Riau. Jdp (Jurnal Dinamika Pemerintahan), 3(1), 65-84.
Arniti, N. K. (2020). Partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum legislatif di kota denpasar. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosiall, 4(2), 329-348
Sinaga, K. (2023). Analisis partisipasi publik menuju demokrasi berkualitas pada pemilihan umum Indonesia tahun 2024. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1396-1412.
Dwitama, M. I., Hakiki, F. A., Sulastri, E., Usni, U., & Gunanto, D. (2022). Media Sosiall Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 53-66.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosiall untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).
Ichwanusafa, R., & Aji, M. P. (2024). Pengaruh Media Sosiall Tiktok Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Generasi Z di UPN Veteran Jakarta. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4).
Boulianne, S. (2015). Social media use and participation: A meta-analysis of current research. Information, communication & society, 18(5), 524-538.
Aral, S. (2019). Protecting elections from social media manipulation. Science, 365(6456), 858–861. https://doi.org/10.1126/science.aaw8243
Bright, J. (2020). Does Campaigning on Social Media Make a Difference? Evidence From Candidate Use of Twitter During the 2015 and 2017 U.K. Elections. Communication Research, 47(7), 988–1009. https://doi.org/10.1177/0093650219872394
Dekoninck, H. (2022). The Mobilizing Power of Influencers for Pro-Environmental Behavior Intentions and Political Participation. Environmental Communication, 16(4), 458–472. https://doi.org/10.1080/17524032.2022.2027801
Gavazza, A. (2019). Internet and Politics: Evidence from U.K. Local Elections and Local Government Policies. Review of Economic Studies, 86(5), 2092–2135. https://doi.org/10.1093/restud/rdy028
Grover, P. (2019). Polarization and acculturation in US Election 2016 outcomes – Can twitter analytics predict changes in voting preferences. Technological Forecasting and Social Change, 145, 438–460. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.09.009
Kim, D. H. (2022). From observation on social media to offline political participation: The social media affordances approach. New Media and Society, 24(12), 2614–2634. https://doi.org/10.1177/1461444821998346
Lane, D. S. (2019). Social media expression and the political self. Journal of Communication, 69(1), 49–72. https://doi.org/10.1093/joc/jqy064
Silva, P. (2019). The good, the bad and the ugly: Three faces of social media usage by local governments. Government Information Quarterly, 36(3), 469–479. https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.05.006
Singh, P. (2020). Can twitter analytics predict election outcome? An insight from 2017 Punjab assembly elections. Government Information Quarterly, 37(2). https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.101444
Valenzuela, S. (2021). The Personal Is the Political? What Do WhatsApp Users Share and How It Matters for News Knowledge, Polarization and Participation in Chile. Digital Journalism, 9(2), 155–175. https://doi.org/10.1080/21670811.2019.1693904
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Salmah, M. Fachri Adnan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.