Representasi Konflik Dalam Film Ngeri Ngeri Sedap Menggunakan Teori Lewis Coser
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2318Keywords:
Film, Konflik Sosial, Ngeri Ngeri Sedap, Roland Barthes, Lewis CoserAbstract
Film merupakan suatu media yang dapat menyampaikan pesan dan nilai – nilai kehidupan ataupun realitas yang sedang terjadi pada era saat ini. Salah satunya adalah film Ngeri Ngeri Sedap yang mampu mengangkat realitas yang sering terjadi di dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi bentuk - bentuk konflik di dalam Film Ngeri Ngeri Sedap menurut persfektif Lewis Coser. Penelitian ini menggunakan teori Konflik dari Lewis Coser sebagai acuan dalam penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan objek penelitian film Ngeri Ngeri Sedap dan peneliti menggunakan pengumpulan data melalui observasi dan studi dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan analisis teks dari semiotika Roland Barthes yang membahas makna denotasi dan konotasi. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
References
Ajeng Dwi Pratiwi, Idris Harahap, & Vira Madhani. (2022). Konflik Dalam Masyarakat Global. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 80–88. https://doi.org/10.51903/education.v2i2.141
Annisa, M. A. N. (2023). Masalah Sosial Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 241–317. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/18074/
Aziz SR, A. (2019). Transformasi Konflik Dan Peran Pemerintah Daerah. Journal of Urban Sociology, 2(1), 28. https://doi.org/10.30742/jus.v2i1.609
Demartoto, A. (2010). Strukturalisme Konflik: Pemahaman akan konflik pada masyarakat industri menurut Lewis Coser dan Ralf Dahrendorf. Jurnal Sosiologi, 24(1), 2–65.
Desy, R. R. (2022). Konflik Sosial Dalam Drama Priceless Karya Suzuki Masayuki (Tinjauan Teori Konflik Sosial Lewis a. Coser). http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4855%0Ahttp://repository.unsada.ac.id/4855/2/BAB 1.pdf
Fitria Widiyani Roosinda, Ninik Sri Lestrai, A A Gde Satia Utama, Hastin Umi Anisah, Albert Lodewyk Sentisa Siahaan, Siti Hadiyanti Dini Islamiati, Kadek Ayu Astiti, Nurul Hikamh, M. I. F. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. ZAHIR PUBLISHING.
Haryono, S. R., & Putra, D. K. S. (2017). Identitas Budaya Indonesia: Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Aqua Versi “Temukan Indonesiamu.” Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 13(2), 67–88.
Husaina, A., Haes, P. E., Pratiwi, N. I., & Juwita, P. R. (2018). Analisis Film Coco Dalam Teori Semiotika Roland Barthes.
Hutagaol, T. N. D., Wahyudi, B., & Tirto, D. (2022). Potensi Konflik Non-Realistis Dalam Konflik Antar Kelompok Organisasi Daerah (Organda) Mahasiswa Di Kota Makassar. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(3), 429–449. https://doi.org/10.20961/jas.v11i3.60268
Kamilia, N. (2024). Bentuk Konflik Sosial dalam Novel “A+” Karya Ananda Putri dengan Teori Lewis A. Coser (Kajian Sosiologi Sastra) (Social. Jurnal Anufa, 64–76.
Linggar, E. W. S. (2017). Konflik Sosial dalam Novel Kambing & Hujan Karya Mahfud Ikhwan (Kajian Konflik Sosial Lewis A. Coser). Jurnal Bapala, 1–13. https://www.neliti.com/publications/243094/konflik-sosial-dalam-novel-kambing-amp-hujan-karya-mahfud-ikhwan-kajian-konflik
Marshall, K. (2022). The Aesthetics of Asymmetrical Warfare: Cinema’s Representation of Conflict in the Twenty-First Century. The Palgrave Handbook of Violence in Film and Media, 257–273. https://doi.org/10.1007/978-3-031-05390-0_13
Nuraeni, M. S. (2022). Analisis Konflik Sosial Dalam Novel Jalan Menikung Karya Umar Kayam Melalui Teori Lewis a. Coser.
Nursantari, A. R. (2019). Konflik Sosial dalam Novel O Karya Eka Kurniawan (Kajian Konflik Sosial Lewis A. Coser). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Patria, T. A. D., Pamungkas, B. A., & Asadulloh, H. (2024). Analisis Film Ngeri-Ngeri Sedap: Pendekatan Metode Roland Barthes. Jurnal Intekom, 2(01), 28–41.
Pazos, A. P. (2022). Representation Technologies of Queer Ruralities in Films: A Conflict of Hermeneutics. Azafea, 24, 139–162. https://doi.org/10.14201/azafea202224139162
Piliang, Y. A. (2004). Semiotika Teks : Sebuah Pendekatan Analisis Teks. MediaTor, 5(2), 189–198.
https://www.researchgate.net/publication/265040699_Semiotika_Teks_Sebuah_Pendekatan_Analisis_Teks
Rohmatulloh, M. Y., & Rahman, A. (2024). Representasi Penyelesaian Konflik Keluarga Dalam Film Ngeri-ngeri Sedap (Analisis Semiotika John Fiske). https://digilib.esaunggul.ac.id/UEU-Article-5_1013/32552/perilaku-agresif-keluarga-bercerai-keluarga-utuh
Salsa, S. A., & Ismi Wahidar, T. (2023). Representasi Konflik Orang Tua dan Anak dalam Film Ngeri-Ngeri Sedap. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 191–213. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1326
Susan, N. (2019). Sosiologi Konflik Teori - teori dan Analisis Edisi Ketiga (Ketiga). Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novelia Situmeang, I Wayan Mudana, Fitri Noviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.