Implementasi Pelayanan Publik Berbasis E-Goverment Melalui Aplikasi Wargaku

Authors

  • Pasya Ramadhani Delina S Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Marsya Lismaya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Novita Anggraini Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Utomo Nova Arianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Agus Muljanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2616

Keywords:

Implementasi Pelayanan Publik, E-Government

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pelayanan publik berbasis E-Government melalui Aplikasi Wargaku di Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan akses melalui teknologi memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup, dalam hal ini berbagai jenis model layanan terus dikembangkan oleh sektor publik. Pemerintah Kota Surabaya melakukan inovasi digital guna meningkatkan layanan publik kepada masyarakat melalui e-government dengan menghadirkan aplikasi Wargaku melalui Dinas Komunikasi dan Informatika. Layanan publik berbasis inovasi teknologi ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi pelayanan kepada masyarakat agar lebih efektif dan efisien. Aplikasi Wargaku berfungsi sebagai layanan pengaduan, penyampaian kritik dan saran, serta dapat dimanfaatkan sebagai pusat media, dan menyediakan fitur layanan kesehatan serta keamanan.

References

Adilita, V. R., & Rahmawati, I. D. (2024). Efektivitas Penggunaan Aplikasi WargaKu dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Surabaya. 2(2).

Allifiyah, R.A dan Prastyawan, A. (2023). Implementasi Kebijakan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi WargaKu Surabaya (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya), Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 1(3), 574–586.

Asha, & Dharmawan, A. (2023). Cyber Public Relations Pada Aplikasi Pengaduan Wargaku Dalam Pelayanan Publik Di Kota Surabaya. The Commercium, 6, 16–22.

Bastian, I., Effendi, R., Susanto, E. A., Unggara, I., & Sumiyana, S. (2022). The government of Indonesia’s smart city development: Fiscal capacity, cognitive models in decision making, excessive caution about future accrual of benefits, and null regulatory leadership. Frontiers in Built Environment, 8(November), 1–12. https://doi.org/10.3389/fbuil.2022.1065652

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. (2022). Selama 2021 Aplikasi Wargaku Surabaya Sudah Terima 11.316 Pengaduan. Bidang Informasi Dan Komunikasi Publik Serta Statistik Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya.

Budiman, M. N. (2024). Pemanfaatan Aplikasi WargaKu Sebagai Praktek Digitalisasi Public Relations Pemerintah Kota Surabaya. Jurnal Audiens, 5(1), 101–113. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.345

Congge, U., & Permatasari, I. A. (2024). Menuju Masyarakat Digital: Eksplorasi Tantangan dan Peluang Implementasi E-Government untuk Peningkatan Pelayanan Publik di Indonesia. The Journal Publishing.

Dalimunthe, I. S., Fitrisia, A., & Fatimah, S. (2024). Transformasi Digital dan Filsafat Kepemimpinan Dalam Birokrasi: Tantangan dan Peluang. Ilmu Pengetahuan, 4(4).

Djabbari, A. (2024). Implementasi E-Government dalam Pelayanan Publik Berbasis Website di Desa Tondowolio Kabupaten Kolaka. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik.

Edwards, G. C. III. (1980). Implementing public policy. Washington, DC: Congressional Quarterly Press.

Fatmawati, F., & Azizatun, B. (2025). Complaint Handling Melalui Aplikasi Wargaku Di Kota Surabaya. 8, 153–165.

Judijanto, L., & Nastiar, M. F. (2025). Smart City Implementation In Indonesia : Trends , Challenges , And Smart City Implementation In Indonesia : Trends , Challenges ,. January.

May, I. P. A., & Fanida, E. H. (2022). Analisis Efektivitas Aplikasi Wargaku Surabaya Dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya. Publika, 1553–1568. https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1553-1568

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/2898%0Ahttps://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/download/2898/1285

Mulyono. (n.d.). Model Implementasi kebijakan George Edward III. Magister Administrasi Publik. https://mulyono.staff.uns.ac.id/2009/05/28/model-implementasi-kebijakan-george-edward-iii/

Nur, D., Kendry Widiyanto, M., & Puspitaningtyas, A. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI “WARGAKU SURABAYA” SEBAGAI PERWUJUDAN E-GOVERNANCE KOTA SURABAYA. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(3).

Nurhidayat, I. (2024). Evaluation of the Challenges of E-Government Implementation: Analysis of the E-Government Development Index in Indonesia. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik.

Putri Gunawan, S. E. R., & Hertati, D. (2022). Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Wargaku Berbasis Android di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1360. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2462

Ramadhani, N. (2023). Dinamika Pelayanan Publik dalam Implementasi Aplikasi Wargaku Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rofpi, A., & Tukiman. (2024). Strategi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Mendukung Smart City Melalui Aplikasi Wargaku di Kota Surabaya. Journal of Governance Innovation, 6(1), 48–59. https://doi.org/10.36636/jogiv.v6i1.4132

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18196/jphk.1101

Yuliantini, L. S., & Purnomo, E. P. (2024). Citizens’ Satisfaction on Service Quality of Mobile Government (Case Study : Wargaku Surabaya Application). Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 4(1). https://doi.org/10.22219/kinetik.v9i1.1884

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Delina S, P. R., Lismaya, M., Putri, N. A., Arianto, U. N., & Agus Muljanto, M. (2025). Implementasi Pelayanan Publik Berbasis E-Goverment Melalui Aplikasi Wargaku . Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 13. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2616

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.