Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perpustakaan: Menilai Peran Fasilitas Akademik di Lingkungan Universitas Tidar

Authors

  • Ghizella shifa Yulistia Universitas Tidar
  • Viola Virzandra Elyasa Universitas Tidar
  • Ahmad Raihan Habiburrahman Universitas Tidar
  • Aptagian Farrel Herda Kencana Universitas Tidar
  • Fajri Umi Khomsatun Universitas Tidar
  • Joko Tri Nugraha Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2581

Keywords:

Kepuasan mahasiswa, Perpustakaan Universitas Tidar, sarana akademik, layanan informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan dan fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan Kampus Universitas Tidar, serta melihat bagaimana peran perpustakaan dalam mendukung proses belajar mahasiswa di lingkungan kampus. Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat untuk membaca atau meminjam buku, tetapi juga berfungsi sebagai pusat informasi dan ruang belajar yang sangat penting dalam kegiatan akademik. Penelitian ini penting karena perpustakaan sebagai fasilitas akademik memiliki peran strategis dalam mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa, namun sejauh mana mahasiswa merasakan manfaat dan kepuasan terhadap layanan tersebut masih belum banyak diteliti secara mendalam, khususnya dalam konteks lingkungan kampus yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dari berbagai jurusan agar dapat diperoleh data yang relevan. Dari hasil pengolahan data, ditemukan bahwa kenyamanan ruang baca, ketersediaan koleksi buku yang memadai, kemudahan akses terhadap layanan digital seperti e-book dan jurnal online, serta sikap dan pelayanan staf perpustakaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan harus bisa mengikuti kebutuhan dan harapan mahasiswa, terutama di era digital yang terus berkembang. Oleh karena itu, penting bagi perpustakaan untuk terus melakukan perbaikan dalam hal fasilitas fisik maupun layanan berbasis teknologi, agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap proses akademik di perguruan tinggi.

References

Arum, A. P., & Marfianti, Y. (2021). Pengembangan perpustakaan digital untuk mempermudah akses informasi. Information Science and Library, 2(2), 92-100, https://doi.org/10.26623/jisl.v2i2.3290

Cahyaningtyas, D. F. (2021). Mitigasi Perpustakaan dalam menyambut kenormalan baru. Media Informasi, 30(2), 137-147, https://doi.org/10.22146/mi.v30i2.4046

Erlita. (2022). Pengaruh fasilitas perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di Perpustakaan SDN 56 Kota Banda Aceh (Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).

Fa’atin, S. (2017). Meningkatkan peran perpustakaan perguruan tinggi dalam membentuk integritas mahasiswa menuju kampus berperadaban. Jurnal Libraria, 5(2).

Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh fasilitas perpustakaan, kualitas pelayanan, dan kinerja pustakawan terhadap minat berkunjung masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 585-595.

Gunawan, C. (2018). Mahir menguasai SPSS (mudah mengolah data dengan IBM SPSS Statistic 25). Deepublish.

Gustian, D., Rustaman, K., Nurfitri, A., Nurani, Y. G., Noviansyah, N. R., & Junfithrana, A. P. (2019). Pemantauan Pola Pengunjung Perpustakaan Dengan Metode FP-Growth Guna Meningkatkan Fungsi Perpustakaan. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL: Journal of Informatics, 3(2), 149-160.

Hamidani, S., Amalia, V., & Agustin, J. (2020). Perancangan Sistem Pengukuran Kualitas Layanan Pada Perpustakaan Smk Negeri Muara Beliti Menggunakan Metode Service Quality. Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, 2(1), 1-7, https://doi.org/10.52303/jb.v2i1.13

Harmoko, S. (2017). Analisis tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 164–188.

Hervinda, R. O., Saifudin, & Rosana, E. P. (2019). Kualitas layanan sebagai strategi peningkatan kepuasan pengunjung perpustakaan. Pustabiblia, https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.159-174

Howard, C., Scoulas, J. M., Berry, A., & Lauseng, D. L. (2024). Menggabungkan analisis web dan survei pengguna berbasis web untuk penilaian LibGuides. Hipotesis: Jurnal Penelitian untuk Profesional Informasi Kesehatan, 36(2).

Jayanti, L. D., & Masruri, A. (2024). Temu Kembali Informasi Dengan Menggunakan Eskripsi Di Perpustakaan Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Pustaka Budaya, 11(1), 32-42, https://doi.org/10.31849/pb.v11i1.16886

Julien, H., Latham, D., & Gross, M. (2020, November). Perspektif mahasiswa dan pustakawan tentang literasi informasi: Menemukan peluang dalam divergensi. In Prosiding Konferensi Tahunan CAIS/Actes du congrès annuel de l'ACSI.

Maktumah, L. M. (2025). Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah. Wirayudha: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).

Nurendah, Y., & Mulyana, M. (2013). Analisis pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan dan hubungannya dengan loyalitas mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 93–112, https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.258

Paul, S., Chauhan, S., & Pal, A. K. (2024). Pemberdayaan pengguna perpustakaan: Strategi kreatif untuk keterlibatan dan inovasi. arXiv preprint arXiv:2411.02993, https://doi.org/10.48550/arXiv.2411.02993

Qolbi, D. D., Anwar, R. K., Amar, S. C. D., & Rukmana, E. N. (2025). Inovasi perpustakaan digital dalam meningkatkan aksesibilitas informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, 5(1), 27–42, https://doi.org/10.24821/jap.v5i1.9520

Rahman, A. (2024). Analisis Pengaruh Motivasi Diri Dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Peminjaman Buku Perpustakaan Mahasiswa Universitas Xyz. Jurnal Komputer dan Sistem Informasi, 1(2), 76-82.

Sari, N., & Rekan. (2024). Analisis Minat Mahasiswa dalam Memanfaatkan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknologi Administrasi dan Manajemen (JPTAM), 2024.

Sembiring, B. R. (2025). Integrasi sosial masyarakat desa Perbesi Kecamatan Tiga Binanga dengan penduduk pendatang (Doctoral dissertation, Universitas Quality).

Setiyani, L., & Tjandra, E. (2020). Perancangan Dan Implementasi Data Warehouse Untuk Perpustakaan Kampus (Studi Kasus: Stmik Rosma Karawang). IJIS-Indonesian Journal On Information System, 5(2), 113-123, https://doi.org/10.36549/ijis.v5i2.102

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan populasi dan sampel: Pendekatan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731, https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657

Tanadda, O. A. (2018). Desain Interior Perpustakaan Rungkut Kota Surabaya Berkonsep Modern Sebagai Pusat Edukasi dan Literasi Informasi Masyarakat (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Trembach, S. (2024). Berkembang di era ketidakpastian?: Menggunakan kerangka ADAPT untuk membangun perpustakaan akademik yang tangguh. In Prosiding Bagian Perpustakaan Universitas dan Perguruan Tinggi Asosiasi Perpustakaan Kansas, 14(1), 9.

Zulfitri, Z. (2021). Peran perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi informasi mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang, https://doi.org/10.15408/almaktabah.v21i1.30757

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Yulistia, G. shifa, Elyasa, V. V., Habiburrahman, A. R., Herda Kencana, A. F., Khomsatun, F. U., & Nugraha, J. T. (2025). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perpustakaan: Menilai Peran Fasilitas Akademik di Lingkungan Universitas Tidar. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 13. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2581

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.